Salon Kecantikan : Peluang, Perkiraan Modal, dan Tipe-Tipenya

16 Agustus 2022

Salon Kecantikan : Peluang, Perkiraan Modal, dan Tipe-Tipenya - Salon kecantikan menjadi salah satu bisnis yang cukup menjanjikan saat ini, seiring dengan semakin meningkatkan kepedulian seseorang akan penampilan. Terlebih ditambah tayangan-tayangan di media yang semakin membuat orang-orang menganggap kecantikan ini sangat penting.

Bagi sobat Trigonal yang memiliki ide untuk membangun bisnis satu ini, jangan ragu untuk memulainya. Ada berbagai jenis bisnis kecantikan yang dapat Anda pilih dan kembangkan. Tetapi alangkah baiknya Anda mengetahui serba-serbi salon kecantikan. Mulai dari peluang, perkiraan modal, dan juga tipe-tipe salon kecantikan yang bisa Anda ketahui agar bisnis Anda meraih kesuksesan.

Peluang Bisnis Salon Kecantikan

Penampilan menarik adalah impian setiap orang. Mandi, memangkas rambut, memotong kuku, dan bentuk perawatan diri lainnya perlu dilakukan agar kita sehat dan terlihat bersih dan menawan.

Karena setiap orang menaruh perhatian pada perawatan diri, bisnis salon kecantikan tidak pernah kehilangan peminat, khususnya dari kalangan wanita. Hal itu karena wanita memang cenderung memiliki perhatian lebih terhadap perawatan diri dibandingkan laki-laki. Mereka memerhatikan seluruh aspek tubuh untuk dirawat, mulai dari wajah, rambut, dan bahkan kulit. Hal tersebut menunjukkan bahwa bisnis perawatan memiliki pasar cukup besar dengan variasi jasa yang besar pula.

Ada beragam layanan ditawarkan oleh bisnis salon kecantikan berdasarkan bagian tubuh yang dirawat. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut :

  1. Wajah : totok mata dan pencerahan wajah (whitening facial).
  2. Kulit : berbagai jenis lulur.
  3. Rambut : cuci, blow, pewarnaan, dan penghalusan rambut.

Selain hal-hal di atas, para pelanggan juga mencari beragam layanan lain, seperti manicure, pedicure, dan pijat refleksi.

Tidak hanya untuk perawatan harian, salon kecantikan juga dibanjiri permintaan untuk menata rias pada acara tertentu seperti wisuda, pernikahan, atau pesta. Untuk momen penting seperti ini, pelanggan biasanya tidak hanya dari kalangan wanita, melainkan juga pria. Mereka tentunya ingin meninggalkan kesan baik di semua acara penting yang mereka hadiri dengan memberikan penampilan terbaik.

Rincian Modal Usaha Salon Kecantikan

Setelah mengetahui peluang, kini waktunya untuk membahas modal. Mari bicara tentang salon kecantikan yang memberikan layanan standar berupa perawatan rambut, wajah, dan tubuh. Kita mulai dengan dua kursi pelanggan dengan asumsi Anda mempekerjakan antara 1-3 karyawan.

Perhatikan bahwa rincian modal usaha calon kecantikan di bawah ini hanya berupa perkiraan harga termurah. Beberapa barang mungkin bisa diganti dengan kualitas yang lebih premium dengan harga yang lebih tinggi.

Tempat Usaha

Harga sewa ruko atau lapak usaha kini berkisar di angka Rp30 juta per tahun atau lebih, tergantung pada luas serta lokasinya. Untuk usaha salon, sebaiknya langsung bayar di muka untuk satu tahun pertama karena Anda pun perlu melakukan renovasi terhadap ruang usaha tersebut.

Berikut ini merupakan gambaran renovasi ruangan beserta kelengkapannya.

2 Cermin Rias (ukuran 90 cm X 60 cm)                                     Rp 1.300.000

2 Kursi Salon                                                                                    Rp 1.000.000

1 Kursi Keramas                                                                              Rp 500.000

Ranjang Facial/Lulur dengan lampu                                         Rp 1.400.000

Steamer Rambut                                                                             Rp 1.000.000

Steamer/Sauna Badan                                                                   Rp 1.000.000

Bathtub spa di Kamar Mandi                                                       Rp 1.500.000

Rak Produk                                                                                       Rp 500.000

2 Kursi Bulat                                                                                     Rp 400.000

Biaya Renovasi                                                                                 Rp 5.000.000

Total                                                                                             Rp 13.600.000

Peralatan tersebut merupakan barang besar yang harus masuk terlebih dahulu di dalam salon. Beberapa barang seperti bathtub, cermin yang dipasang, dan juga kursi keramas harus Anda lakukan bersamaan dengan renovasi ruangan.

Proses ini juga melibatkan dekorasi interior seperti pemasangan rak dan pengecatan ulang ruangan. Semakin cantik dekorasi, semakin nyaman pelanggan berlama-lama di salon kecantikan Anda.

Peralatan Kecil

2 Set Gunting Salon                                                                       Rp 200.000

1 Lusin Jepit Rambut Stainless Steel                                          Rp 30.000

1 Lusin Handuk Kecil                                                                     Rp 180.000

½ Lusin Handuk Besar                                                                 Rp 200.000

2 Set Sisir Salon Profesional                                                         Rp 200.000

2 Pengering Rambut                                                                       Rp 220.000

1 Pelurus Rambut                                                                            Rp 300.000

1 Pengeriting Rambut                                                                     Rp 150.000

2 Rak Salon                                                                                       Rp 600.000

Peralatan Lain                                                                                  Rp 500.000

Total                                                                                             Rp 2.580.000

 

Perlengkapan

Perlengkapan adalah produk yang dapat habis dalam jangka waktu yang lebih pendek. Penyesuaian merek, tipe, dan harga perlengkapan nantinya bisa memengaruhi harga jasa yang Anda tawarkan. Untuk itu, berikan variasi pilihan untuk produk kelas menengah dan premium bagi pelanggan.

Perlengkapan perawatan rambut                                              Rp 1.500.000

(Sampo, kondisioner, dll)

Perlengkapan perawatan tubuh                                                Rp 1.500.000

(Lulur, sabun, minyak, dll)

Perlengkapan rias wajah lengkap                                             Rp 1,500.000

Total                                                                                          Rp 4.500.000

 

Dengan perkiraan rincian modal usaha salon kecantikan di atas, modal yang harus Anda siapkan adalah sekitar Rp 50.680.000. Untuk menghemat, sementara Anda bisa mengurangi beberapa barang yang masih bisa disiasati. Misalnya saja, steamer rambut bisa diganti dengan handuk hangat untuk opsi yang lebih murah.

Sebagian dari peralatan salon kecantikan adalah barang yang tahan lama. Jadi, modal yang Anda keluarkan akan berubah menjadi aset yang cukup berharga selama beberapa tahun ke depan.

Tipe—Tipe Salon Kecantikan

Terdapat beberapa jenis salon kecantikan yang bisa Anda kembangkan. Apa saja tipe-tipe salon tersebut?

Salon Kecantikan untuk Perawatan Wajah

Tipe salon pertama yang bisa Anda pilih adalah salon perawatan wajah. Salon ini saat ini cukup popular seiring dengan meningkatnya kesadaran pentingnya merawat wajah.

Anda juga bisa membuka salon perawatan wajah ini, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti adanya dokter kecantikan dan produk yang akan digunakan untuk perawatan wajah ini. Belum lagi tempat dan peralatan untuk perawatan wajah yang bisa memakan biaya tidak sedikit.

Salon Perawatan Rambut

Salon perawatan rambut merupakan salon yang paling sering ditemui dan banyak peminatnya. Ada berbagai layanan yang bisa ditawarkan di salon perawatan rambut ini, mulai dari potong rambut, keriting rambut, rebonding, hingga creambath.

Salon Kecantikan Kuku

Perawatan kuku menjadi bagian yang penting bagi perempuan. Karena tidak semua permepuan jago merawat dan menghias kuku, diperlukan salon kuku untuk melakukannya.

Salon kuku ini tentunya lebih simpel dibandingkan jenis-jenis salon lainnya karena hanya bagian kuku yang dirawat namun untuk melakukannya dibutuhkan keahlian khusus. Anda bisa mengikuti kursus atau pelatihan untuk bisa ahli merawat dan menghias kuku ini.

Salon Kecantikan untuk Pengantin

Salon kecantikan pengantin juga menjadi salah satu jenis salon yang bisa Anda kembangkan. Tipe satu ini memiliki konsentrasi khusus pada perawatan dan make-up pengantin.

Dibandingkan dengan salon lainnya, salon pengantin ini biasa memiliki penghasilan lebih besar namun juga harus mengeluarkan modal yang besar pula. Setidaknya Anda harus menguasai make-up dan tata rias tradisional, termasuk untuk baju adat tradisionalnya yang wajib disiapkan.

Salon Kecantikan Muslimah

Salon kecantikan muslimah sejatinya tidak jauh berbeda dengan jenis salon lainnya. Bedanya salon ini khusus melayani pelanggan perempuan muslimah, seperti mereka yang mengenakan hijab.

Membangun bisnis salon kecantikan haruslah dengan komitmen yang tinggi dan tentunya Anda harus memperhatikan tren. Anda juga perlu memiliki keinginan untuk terus mengembangkan keterampilan dalam teknik kecantikan. Selalu gunakan juga alat kosmetik yang memiliki kualitas yang baik dan tidak mengandung bahan berbahaya, sehingga tidak merugikan konsumen Anda.

Catat juga semua pemasukan dan pengeluaran pada bisnis dengan terperinci pada pembukuan dengan baik. Hal ini akan membuat perencanaan bisnis akan lebih optimal.

IPOS merupakan software toko yang sudah terintegrasi akuntansi yang bisa menjadi solusi bisnis Anda. Dengan IPOS, Anda dapat menjalankan bisnis salon kecantikan lebih mudah, cepat, aman, dan nyaman.

Karena IPOS telah dilengkapi dengan fitur lengkap, mulai dari membuat laporan keuangan, mengelola stok barang, mengelola aset, melakukan rekonsiliasi, mengirim invoice otomatis, dan masih banyak lagi. Jadi tunggu apalagi? Coba gratis IPOS di sini.



Baca juga

29 September 2022
Generasi Milenial Datangkan Untung Bisnis, Gimana Caranya?
Generasi milenial adalah generasi yang lahir pada tahun 1980-an sampai akhir 1990-an. Kini, generasi milenial sudah memasuki usia kerja dan akan menjadi salah satu kekuatan ekonomi di dunia. Dengan jumlah lebih dari 90 juta jiwa, milenial kini merupakan salah satu target pasar berbagai perusahaan. Meskipun demikian, memasarkan produk kepada milenial memiliki tantangannya sendiri.

28 September 2022
Pendapatan Pasif Bisa Dimanfaatkan untuk Modal Bisnis, Lho!
Pada dasarnya, ada beberapa jenis sumber pendapatan. Di antaranya adalah pendapatan super aktif, pendapatan aktif, dan pendapatan pasif. Ketahui lebih lengkap tentang ketiga jenis sumber pendapatan, dan bagaimana cara mudah mendapatkan pendapatan pasif. Dewasa ini, seseorang tidak lagi dimungkinkan hanya mengandalkan pendapatan aktif untuk memenuhi kebutuhan masa kini dan masa mendatang. Oleh karena itu, sudah saatnya Anda untuk mulai memiliki pendapatan pasif dan memanfaatkannya untuk menjadi modal bisnis Anda.

27 September 2022
Tips Bisnis Properti ini Bisa Buat Anda jadi Sukses
Tempat tinggal atau rumah adalah kebutuhan primer bagi manusia dan harus dipenuhi untuk hidup. Dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk, kebutuhan akan tempat tinggal pun semakin meningkat. Bisnis properti juga semakin menjamur untuk mengimbangi kebutuhan masyarakat akan lahan dan tempat tinggal. Menyadari bahwa bisnis properti semakin berkembang dan menguntungkan, mungkin saja pernah terbesit di benak Anda untuk mencoba usaha di bisnis properti. Namun, kebanyakan orang berpikir bahwa untuk memulai bisnis properti membutuhkan modal besar sehingga membuat mereka mengurungkan niat.

26 September 2022
Bisnis Properti : Pengertian, Jenis, dan Keuntungannya
Setiap kali Anda bertanya ke orang-orang soal bisnis apa yang paling menjanjikan, hampir dapat dipastikan jawabannya adalah bisnis properti. Wajar saja karena bisnis properti memang memiliki pasar yang menggiurkan. Hal ini tentu saja tidak lepas dari permintaan yang selalu meningkat tiap tahunnya. Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa bisnis properti bisa sangat menguntungkan. Tentu saja hal ini tidak lepas dari kebutuhan dasar setiap manusia yaitu sandang, pangan, dan papan. Tidak ada satupun orang di dunia ini yang tidak ingin memiliki tempat tinggal. Tempat mereka berkumpul bersama yang dikasihi, tempat yang bisa melindungi mereka, dan tempat mereka bisa beristirahat setelah menjalani segala kesibukan.

23 September 2022
Profit dan Omzet itu Dua Hal yang Berbeda, Sudah Tahu
Omzet adalah salah satu komponen penting dalam bisnis yang berhubungan dengan pendapatan usaha. Komponen ini menjadi salah satu indikator yang menentukan sukses atau tidaknya suatu bisnis. Jika penghasilan yang didapat besar, maka kemunginan besar bisnis tersebut sukses. Begitu pula sebaliknya, jika omzet kecil, besar kemungkinan bisnis tersebut belum sukses seperti yang diharapkan pemiliknya.