Franchise Klinik Kecantikan bisa Jadi Rekomendasi Bisnis

15 Agustus 2022

Franchise Klinik Kecantikan bisa Jadi Rekomendasi Bisnis - Menyadari perawatan wajah itu penting, banyak orang rela mengeluarkan biaya tidak sedikit demi penampilan sempurna. Sehingga tidak heran jika semakin hari banyak bisnsi di bidang kecantikan semakin menjamur, termasuk franchise klinik kecantikan.

Sama seperti bisnis franchise lainnya, Anda akan lebih mudah mendapatkan keuntungan jika membuka klinik kecantikan yang sudah punya nama daripada memulai dari nol. Tentunya untuk mengawali Anda memerlukan modal yang cukup.

Besaran modal tersebut bergantung pada jenis layanan kecantikan yang ingin Anda jalani dan bagaimana reputasi merek dagang franchise tersebut. Artinya, besar kecilnya modal untuk memulai suatu bisnis kecantikan itu relatif.

Namun, jelas bahwa bisnis franchise menawarkan peluang usaha bagi Anda. Tugas utama Anda adalah menyiapkan modal dan mengelola bisnis tersebut. Sisanya, serahkan pada franchisor. Namun, sama seperti jenis usaha lainnya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mulai menekuni bisnis satu ini. Apa sajakah itu?

Faktor sebelum Memulai Franchise Klinik Kecantikan

Penampilan merupakan aspek yang begitu penting terurama bagi kaum hawa untuk menunjang segala kegiatan, keperluan, bahkan kehidupannya. Mayoritas dari para wanita sangat mempertimbangkan sekali masalah penampilannya untuk menambah rasa kepercayaan diri mereka.

Di sisi lain, tentunya kredibilitas menjadi faktor yang paling utama bagi konsumen untuk mendatangi suatu klinik kecantikan. Selain itu, sebelum memulai suatu bisnis kecantikan yang diidamkan, ada beberapa hal penting yang harus selalu diperhatikan, di antaranya :

Pastikan Bisnis Kecantikan sesuai dengan Passion

Menjalani bisnis yang sesuai dengan minat atau passion tentu akan membuat Anda lebih semangat. Hal ini juga akan mendorong Anda untuk fokus dan serius dalam mengembangkan usaha. Ditambah lagi, bisnis satu ini bukan hanya sebatas menjual produk kecantikan saja, tetapi juga layanan atau treatment. Sehingga memilih franchise yang sudah Anda ketahui produk dan treatment-nya merupakan langkah awal yang tepat.

Lokasi dari Franchise Klinik Kecantikan yang Akan Dijalankan

Rencana lokasi klinik kecantikan Anda adalah faktor yang perlu dipertimbangkan selanjutnya. Pemilik franchise tentu akan menilai hal ini sebelum memutuskan untuk bekerja sama dengan Anda. Lokasi ideal klinik kecantikan biasanya berada di tempat ramai atau dekat dengan target pasar. Contohnya, jika klinik kecantikan Anda menyasar ibu-ibu muda, maka Anda dapat memilih tempat di sekitar lingkungan perumahan.

Jumlah Modal yang Anda Miliki

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, besaran modal franchise klinik kecantikan bervariasi. Semakin besar modal yang disiapkan, semakin banyak franchise terkenal yang bisa Anda pilih. Namun, perlu diingat bahwa jumlah modal tidak selalu berbanding lurus dengan kesuksesan bisnis franchise.

Hal terpenting adalah bagaimana Anda dapat mengelola bisnis tersebut. Maka dari itu, selain modal finansial, Anda juga perlu mengasah keterampilan berbisnis.

Ketahui Terlebih Dahulu Mengenai Bisnis Franchise dan Segala Aspek yang Mendukungnya

Pengalaman Anda mengenakan produk atau treatment dari beberapa klinik kecantikan menjadi suatu proses riset tersendiri. Ini perlu agar Anda tahu benar apa yang diinginkan konsumen. Lebih lanjut, Anda juga harus mengenali sistem franchise yang ditawarkan masing-masing perusahaan. Seperti profile, perizinan, paket investasi, sistem kerja sama, pembagian keuntungan, serta pembayaran.

4 Rekomendasi Franchise Klinik Kecantikan

Sebagai referensi untuk Anda yang ingin memulai bisnis satu ini, berikut kami perkenalkan 4 rekomendasi franchise klinik kecantikan yang keuntungannya sangat menjanjikan.

International Beauty

Klinik kecantikan ini telah hadir sejak tahun 1986 di kota Medan. Klinik ini mengusung konsep One-Stop Rejuvenation Centre atau pusat perawatan dan peremajaan kulit secara total. Target pasar yang dituju adalah pria dan wanita berusia 14 tahun ke atas.

Selama berbisnis lebih dari 30 tahun, International Beauty mengedepankan inovasi agar tetap memberikan layanan terbaik pada pelanggan setia. Beberapa layanan andalan adalah face treatment, derma treatment, body treatment, spa rejuvenation therapy, serta penjualan produk perawatan kecantikan.

International Beauty memberikan para franchisee tiga pilihan paket. Paket Express memiliki nilai investasi sebesar Rp 100.000.000 dan  Paket Advance sebesar Rp 200.000.000. Sementara itu, Anda juga dapat memilih paket Korea Semi Permanent Make Up dengan investasi Rp 60.000.000. Adapaun nilai franchise fee ketiga paket itu sama, yakni Rp 10.000.000/tahun untuk jangka waktu 1 tahun.

Ghanisa Aesthetic

Franchise klinik kecantikan selanjutnya adalah Ghanisa Aesthetic. Klinik ini berdiri tahun 2014 di Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Berbentuk beauty center yang mengusung konsep UKM, Ghanisa Aesthetic menyasar masyarakat kelas menengah sebagai target pasarnya. Kini, Ghanisa Aesthetic sudah memiliki sekitar tujuh cabang, termasuk tiga cabang di Riau, Malang, dan Padang.

Ghanisa Aesthetic berfokus pada treatment perawatan wajah (facial series, acne series, flex series, dan anti-aging series) dan penjualan produk perawatan kecantikan

Semua produk dan layanannya memenuhi standar klinik kecantikan, tetapi ditawarkan dengan harga terjangkau. Selain itu, franchise ini juga memiliki sistem manajemen profesional di bawah pengawasan dokter, beauty consultant, dan beautician therapist yang telah bersertifikat.

Ghanisa Aesthetic menawarkan tiga paket kemitraan yang dapat disesuaikan dengan budget Anda. Harga paket kemitraan termurah adalah Rp 150.000.000 sementara paket termahal Rp 300.000.000.

Naavagreen Natural Skincare

Naavagreen Natural Skincare merupakan franchise klinik kecantikan yang telah hadir sejak 2012 dan berpusat di Yogyakarta. Klinik ini kini sudah memiliki 19 cabang di seluruh Indonesia.

Masih berada dalam satu perusahaan yang sama dengan Natasha Skin Clinic Center, Naavagreen mengandalkan produk kecantikan bahan alami yang diproduksi pabrik sendiri, PT Dion Farma Abadi. Pabrik ini telah mengantungi sertifikat Cara Pengolahan Kosmetik yang Baik (CPKB) serta Cara Pengolahan Obat yang Baik (CPOB), lengkap dengan sertifikat halal MUI.

Selain itu, Naavagreen juga menyediakan layanan konsultasi dengan dokter berpengalaman dan harga terjangkau. Mereka menyebutnya sebagai 3 Harmoni Naavagreen yang membuat kulit cantik dan sehat alami.

Naavagreen Natural Skincare menyediakan paket investasi mulai Rp 1.500.000.000 hingga Rp 4.000.000.000 dengan franchise fee senilai Rp 5.000.000.000 untuk masa kontrak selama 5 tahun. Biaya tersebut sudah termasuk support berupa pelatihan pemilik dan staff, penyediaan produk, program marketing, dan setting up operasional gerai.

Ristra Clinic

Ristra termasuk merek kosmetik lokal yang sudah terkenal sejak tahun 1980-an. Sebagai pelopor produk kosmetik berbasis medis, Ristra melebarkan sayapnya dengan mendirikan House of Ristra pada tahun 1987 di Jakarta. Dengan tagline Skincare Expert, Health and Beauty Clinic” House of Ristra berfokus apda beragam perawatan kecantikan. Mulai dari perawatan wajah, tubuh, tangan, dan kaki.

Franchise House of Ristra baru mulai dikembangkan pada 2009. Lalu, seiring pengambilalihan Ristra oleh PT Kino Indonesia Tbk, namanya pun diganti menjadi  Ristra Clinic. Keunggulan Ristra Clinic adalah satu-satunya klinik yang memiliki sertifikat ISO 9001:2008. Hal ini membuktikan bahwa perusahaan mengutamakan kualitas layanan terbaik pada pelanggan. Selain itu, semua produk yang dipakai di Ristra Clinic juga diproduksi sendiri oleh PT Ristra Laboratoris.

Ristra Clinic menawarkan paket investasi klinik kecantikan mulai Rp 700.000.000, di luar biaya sewa tempat. Dengan besaran investasi tersebut, proyeksi BEP diperkirakan kembali dalam waktu sekitar 23 bulan.

Demikian 4 rekomendasi franchise klinik kecantikan yang bisa Anda lirik untuk menanamkan investasi dalam bisnis kecantikan.

Hal terpenting adalah selalu menyediakan waktu lebih untuk riset dan mencari tahu semua detail mengenai informasi terkait perusahaan franchise tersebut. Tentunya Anda tidak ingin modal yang telah diinvestasikan menguap begitu saja akibat ketidaktahuan semata, bukan?

Penting untuk diingat, apabila Anda ingin mengembangkan bisnis tersebut Anda memerlukan bantuan teknologi untuk mempermudah operasional sehari-hari bisnis. Gunakan IPOS untuk memperlancar kegiatan pencatatan, stok opname, dan perencanaan mengembangkan bisnis agar bisa lebih besar lagi!

Tunggu apalagi? Coba gratis IPOS di sini sekarang!



Baca juga

29 September 2022
Generasi Milenial Datangkan Untung Bisnis, Gimana Caranya?
Generasi milenial adalah generasi yang lahir pada tahun 1980-an sampai akhir 1990-an. Kini, generasi milenial sudah memasuki usia kerja dan akan menjadi salah satu kekuatan ekonomi di dunia. Dengan jumlah lebih dari 90 juta jiwa, milenial kini merupakan salah satu target pasar berbagai perusahaan. Meskipun demikian, memasarkan produk kepada milenial memiliki tantangannya sendiri.

28 September 2022
Pendapatan Pasif Bisa Dimanfaatkan untuk Modal Bisnis, Lho!
Pada dasarnya, ada beberapa jenis sumber pendapatan. Di antaranya adalah pendapatan super aktif, pendapatan aktif, dan pendapatan pasif. Ketahui lebih lengkap tentang ketiga jenis sumber pendapatan, dan bagaimana cara mudah mendapatkan pendapatan pasif. Dewasa ini, seseorang tidak lagi dimungkinkan hanya mengandalkan pendapatan aktif untuk memenuhi kebutuhan masa kini dan masa mendatang. Oleh karena itu, sudah saatnya Anda untuk mulai memiliki pendapatan pasif dan memanfaatkannya untuk menjadi modal bisnis Anda.

27 September 2022
Tips Bisnis Properti ini Bisa Buat Anda jadi Sukses
Tempat tinggal atau rumah adalah kebutuhan primer bagi manusia dan harus dipenuhi untuk hidup. Dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk, kebutuhan akan tempat tinggal pun semakin meningkat. Bisnis properti juga semakin menjamur untuk mengimbangi kebutuhan masyarakat akan lahan dan tempat tinggal. Menyadari bahwa bisnis properti semakin berkembang dan menguntungkan, mungkin saja pernah terbesit di benak Anda untuk mencoba usaha di bisnis properti. Namun, kebanyakan orang berpikir bahwa untuk memulai bisnis properti membutuhkan modal besar sehingga membuat mereka mengurungkan niat.

26 September 2022
Bisnis Properti : Pengertian, Jenis, dan Keuntungannya
Setiap kali Anda bertanya ke orang-orang soal bisnis apa yang paling menjanjikan, hampir dapat dipastikan jawabannya adalah bisnis properti. Wajar saja karena bisnis properti memang memiliki pasar yang menggiurkan. Hal ini tentu saja tidak lepas dari permintaan yang selalu meningkat tiap tahunnya. Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa bisnis properti bisa sangat menguntungkan. Tentu saja hal ini tidak lepas dari kebutuhan dasar setiap manusia yaitu sandang, pangan, dan papan. Tidak ada satupun orang di dunia ini yang tidak ingin memiliki tempat tinggal. Tempat mereka berkumpul bersama yang dikasihi, tempat yang bisa melindungi mereka, dan tempat mereka bisa beristirahat setelah menjalani segala kesibukan.

23 September 2022
Profit dan Omzet itu Dua Hal yang Berbeda, Sudah Tahu
Omzet adalah salah satu komponen penting dalam bisnis yang berhubungan dengan pendapatan usaha. Komponen ini menjadi salah satu indikator yang menentukan sukses atau tidaknya suatu bisnis. Jika penghasilan yang didapat besar, maka kemunginan besar bisnis tersebut sukses. Begitu pula sebaliknya, jika omzet kecil, besar kemungkinan bisnis tersebut belum sukses seperti yang diharapkan pemiliknya.