Pengusaha Sukses Luar Negeri ini Bisa Jadi Motivasi untuk Semangat Berbisnis!

12 Agustus 2022

Pengusaha Sukses Luar Negeri ini Bisa Jadi Motivasi Anda - Memulai suatu usaha seringkali menjadi sesuatu yang sulit dan terasa menakutkan.

Keadaan dan rintangan yang dihadapi masing-masing individu untuk membangun usahanya pun bervariasi dan datang secara tiba-tiba. Di saat-saat kekhawatiran seperti ini muncul, Anda tentu memerlukan motivasi serta dorongan ekstra dari diri sendiri dan orang lain.

Untuk mendapatkan motivasi dan semangat lebih dalam merintis usaha, yuk simak 10 sosok pengusaha sukses luar negeri lengkap dengan kisah inspiratif perjalanan usaha mereka.

10 Pengusaha Sukses Luar Negeri ini Bisa Jadi motivasi untuk Semangat Berbisnis

Jan Koum, Pengusaha Sukses Luar Negeri Pendiri Aplikasi WhatsApp

Lahir dari keluarga berlatar belakang ekonomi rendah tidak memutuskan semangat belajar Jan Koum. Ia adalah pendiri aplikasi chat WhatsApp yang lahir di desa kecil dekat Kiev di Ukraina.

Ia pindah ke California bersama ibunya dan mulai memiliki ketertarikan di bidang ilmu komputer saat itu. Berkat talentanya ini, ia ditawari untuk bekerja di Yahoo! Sebagai insinyur infrastruktur pada tahun 1997 dan memutuskan untuk berhenti kuliah.

Setelah satu dekade bekerja, Koum melihat peluang bisnis di ranah aplikasi dan mulai mengembangkan WhatsApp pada tahun 2009. Berdasarkan laporan Business of Apps, ada sekitar 2 miliar orang yang menggunakan WhatsAppa hingga pada April 2022. Hal ini menjadikannya sebagai salah satu pengusaha sukses luar negeri paling sukses di dunia.

Vicky Popat, Pendiri Toko Online PlantOGram

Vicky mendapatkan inspirasi untuk membuat usaha PlantOGram saat ia masih bekerja sebagai seorang guru.

Keinginan tersebut diawali dari hobinya dan suami menanam tanaman buah eksotis. Keduanya pun melihat peluang bisnis untuk menjadikan tanaman ini sebagai inovasi kado unik yang ramah lingkungan.

Sebagai pasangan baru menikah dengan jam kerja sekitar 40-60 jam setiap minggunya, keduanya hanya memiliki sedikit waktu untuk dihabiskan bersama-sama. Sehingga mereka memutuskan untuk berhenti bekerja dan fokus mengembangkan PlantOGram.

Setelah melalui berbagai rintangan dalam membangun usaha ini, Vicky dan suaminya percaya bahwa untuk menjadi pengusaha yang sukses, mereka perlu mengikuti passion dengan hati-hati serta menghidupi diri dengan cukup.

Leah Goldglantz, Pengusaha Sukses Luar Negeri Pendiri Blog Leah’s Plate

Terlepas dari kesulitan ekonomi dalam menjalani kehidupan setelah kuliah, Leah menguatkan diri untuk mengubah hidupnya dan memulai lembaran baru di South Florida.

Leah’s Plate merupakan buah dari komitmen serta kegigihan Leah dalam menjalani kehidupan sehat dan hobinya membuat posting blog.

Selepas menjalani hidup sehat, ia merasakan perubahan baik yang signifikan dalam dirinya dan termotivasi untuk menyebarkan kebaikan tersebut melalui blog dan akun Instagram-nya. Kini ia rutin membagikan resep makanan dan minuman sehat yang mudah diolah dan ingin membuktikan bahwa kita bisa tetap menekuni sibuknya kehidupan tanpa mengorbankan gaya hidup sehat.

Francis Davidson dan  Lucas Pellan, Pengusaha Sukses Luar Negeri Pendiri Situs Sonder

Ide brilian untuk usaha bisa datang kapan pun dalam kehidupan Anda. Seperti Francis Davidson dan Lucas Pellana yang melihat peluang bisnis penyewaan tempat tinggal untuk staycation.

Keduanya memulai usaha kecil-kecilan tersebut sejak tahun 2014 setiap musim panas. Saat mereka sedang berada di San Fransisco, mereka mengalami kesulitan berkomunikasi dengan host penginapan yang dipesan dan mendapat fasilitas yang tidak baik,

Akhirnya hal tersebut membuat mereka keluar dan memesan hotel terdekat. Di saat itu juga, mereka memiliki keinginan untuk memiliki tempat sewa inap dengan fasilitas selengkap hotel, tetapi tetap nyaman seperti di rumah.

Dengan kegigihan dan bekal modal dari usaha mereka sebelumnya, mereka mengembangkan usaha Sonder, suatu situs yang memfasilitasi informasi penginapan dengan fasilitas mumpuni dan senyaman rumah.

Do Won Chang dan Jin Sook, pendiri Forever 21

Pasangan suami istri Do Won Chang dan Jin Sook pindah dari Korea ke Amerika pada tahun 1981. Dengan keadaan ekonomi yang tidak baik, Do Won bekerja di tiga tempat sekaligus sebagai petugas kebersihan, petugas pom bensin, dan pelayan kafe untuk memenuhi kebutuhan hidup keduanya.

Setelah memiliki modal yang memadai dari hasil kerja kerasnya, Do Won dan Jin Sook memulai usaha toko bajunya di California pada tahun 1984 dan menamainya Forever 21.

Dalam kurun waktu satu tahun, usahanya meroket dan menghasilkan laba lebih dari 700.000 dolar. Perjuangan keduanya menuju kesuksesan semakin gemilang dan menjadikan usahanya berkelas multinasional dengan total 480 cabang di mancanegara. Terlepas dari kesulitan ekonomi yang pernah mereka hadapi, dengan kesungguhan dan kerja keras, mereka berhasil menjadi pengusaha sukses dengan bisnis yang mendunia dan bernilai miliaran dolar.

Daniel Zakoswi, Pengusaha Sukses Luar Negeri Pendiri dan CEO di Ready, Set, Food!

Daniel tergerak untuk membangun usaha Ready, Set, Food! Ini dari pengalamannya melihat keponakannya yang menderita alergi parah terhadap kacang, telur, dan susu di usia tujuh bulan.

Daniel pun mencari tahu lebih dalam mengenai alergi makanan. Ia pun menemukan riset yang menunjukkan bahwa 80% dari alergi dapat dicegah lebih awal dengan pengenalan makanan alergenik kepada bayi.

Dari situ lah Daniel termotivasi untuk memberikan wadah pengetahuan dan makanan formula yang dapat mencegah alergi makanan bagi anak-anak. Berkat niat mulia dan ketulusan dalam menjalani usahanya, kini usahanya semakin berkembang dan banyak orang tua merasa terbantu atas usahanya.

Amber Fawson dan Cherie Hoeger, Pendiri Saalt

Amber Fawson, seorang ibu dari empat anak, dan Cherie Hoeger, seorang ibu dari lima anak mendirikan Saalt atas kepercayaannya bahwa perempuan membutuhkan kenyamanan dan pilihan yang ramah lingkungan atas higienitas masa haidnya.

Motivasi itu datang setelah Hoeger mendengar bibinya bercerita bahwa di toko dekat rumahnya sudah lama tidak menjual pembalut dan tampon.

Di saat itu juga ia terpikirkan akan anak-anaknya serta sampah-sampah yang dihasilkan dari pemakaian tersebut. Dari situlah Hoeger dan Fawson mulai mendesain menstrual cup yang dapat digunakan dalam jangka panjang dan ramah lingkungan. Status sebagai seorang ibu tidak menghalangi keduanya untuk menjadi pengusaha sukses dan terus visi dan misi bisnisnya.

Ingvar Kamprad, Pengusaha Sukses Luar Negeri Pendiri IKEA

Selama tumbuh besar di daerah perkampungan Sweden, mendiang Ingvar Kamprad sudah terbiasa dengan berbagai kegiatan bisnis kecil-kecilan. Ia dikenal sebagai orang yang suka berjualan di daerah perumahannya, baik itu berjualan pulpen, dekorasi Hari Natal, sampai berjualan ikan.

Latar belakang ekonomi dan kesulitan yang ia alami tidak menghalangi dirinya untuk tumbuh jadi pengusaha sukses.

Ketekunan dan kebiasaan berbisnisnya ini membuat ia terus menerapkan ilmu serta pelajaran yang ia dapat sampai mampu mengembangkan IKEA hingga memiliki kekayaan bersih $ 58,7 miliar pada Januari 2018 lalu.

Cashmere Nicole, Pendiri dan CEO Beauty Bakerie

Cashmere Nicole merintis Beauty Bakerie saat berjuang sebagai single mother yang berusaha mengimbangkan waktu untuk bekerja, keluarga, sekaligus melawan kanker payudara yang diidapkan. Beauty Bakerie merupakan usaha kosmetik dan kecantikan cruelty free yang peracikannya berawal dari dapur rumah Cashmere.

Berkat ketangguhan dan kesungguhannya dalam menjalani bisnis sampingan tersebut, Cashmere berhasil menjadi pengusaha sukses. Karena hingga saat ini produk-produknya sudah terjual ke 100 negara di mancanegara. Keberhasilan usahanya memberi inspirasi bagi kita semua bahwa dalam keadaan apapun sukses bisa diraih dengan kemauan, usaha yang keras, dan tentunya memanfaatkan peluang yang ada.

Christopher Gray, Pendiri dan CEO Scholly

Tumbuh dari keluarga yang miskin, Christopher Gray tidak pernah membayangkan dirinya mampu mendapatkan gelar sarjana.

Perjalannya dalam mencari dana beasiswa dan menjadi pengusaha pun penuh rintangan. Lebih dari tujuh bulan, ia berusaha keras mencari berbagai sumber dana beasiswa. Usaha kerasnya pun terbayar dengan berhasilnya ia mendapat beasiswa sebesar 1,3 juta dolar.

Setelah lulus kuliah, Gray melancarkan misinya untuk mengedukasi orang lain dalam hal mencari uang beasiswa dengan mengembangkan aplikasi bernama Scholly.  Aplikasi tersebut dirancang untuk membantu pencarian dana beasiswa untuk kuliah jenjang S1 dan S2, yang kini sudah banyak dimanfaatkan oleh berbagai kalangan.

Dari ke sepuluh kisah inspiratif pengusaha sukses luar negeri tersebut, dapat dipelajari bahwa untuk membangun usaha yang sukses tidak hanya tentang modal dan pemanfaatan peluang yang baik. Kerja keras, kesungguhan, dan ketulusan hati lah yang akan membuat kita bertahan dan terus meningkatkan usaha kita.

Dengan keinginan dan ketulusan hati yang tinggi, situasi sulit apapun akan bisa dilalui, baik itu kekurangan modal, kesehatan, waktu, maupun dari segi kemampuan.

Nah, apabila Anda ingin menjadi pengusaha sukses nantinya, jangan lupa bahwa selalu ada IPOS yang bisa membantu bisnis Anda terus berkembang, dari segi pencatatan keuangan, mengontrol stok barang di gudang, mengetahui mana best produk, dan lain sebagainya bersama IPOS.

Coba gratis IPOS di sini.



Baca juga

29 September 2022
Generasi Milenial Datangkan Untung Bisnis, Gimana Caranya?
Generasi milenial adalah generasi yang lahir pada tahun 1980-an sampai akhir 1990-an. Kini, generasi milenial sudah memasuki usia kerja dan akan menjadi salah satu kekuatan ekonomi di dunia. Dengan jumlah lebih dari 90 juta jiwa, milenial kini merupakan salah satu target pasar berbagai perusahaan. Meskipun demikian, memasarkan produk kepada milenial memiliki tantangannya sendiri.

28 September 2022
Pendapatan Pasif Bisa Dimanfaatkan untuk Modal Bisnis, Lho!
Pada dasarnya, ada beberapa jenis sumber pendapatan. Di antaranya adalah pendapatan super aktif, pendapatan aktif, dan pendapatan pasif. Ketahui lebih lengkap tentang ketiga jenis sumber pendapatan, dan bagaimana cara mudah mendapatkan pendapatan pasif. Dewasa ini, seseorang tidak lagi dimungkinkan hanya mengandalkan pendapatan aktif untuk memenuhi kebutuhan masa kini dan masa mendatang. Oleh karena itu, sudah saatnya Anda untuk mulai memiliki pendapatan pasif dan memanfaatkannya untuk menjadi modal bisnis Anda.

27 September 2022
Tips Bisnis Properti ini Bisa Buat Anda jadi Sukses
Tempat tinggal atau rumah adalah kebutuhan primer bagi manusia dan harus dipenuhi untuk hidup. Dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk, kebutuhan akan tempat tinggal pun semakin meningkat. Bisnis properti juga semakin menjamur untuk mengimbangi kebutuhan masyarakat akan lahan dan tempat tinggal. Menyadari bahwa bisnis properti semakin berkembang dan menguntungkan, mungkin saja pernah terbesit di benak Anda untuk mencoba usaha di bisnis properti. Namun, kebanyakan orang berpikir bahwa untuk memulai bisnis properti membutuhkan modal besar sehingga membuat mereka mengurungkan niat.

26 September 2022
Bisnis Properti : Pengertian, Jenis, dan Keuntungannya
Setiap kali Anda bertanya ke orang-orang soal bisnis apa yang paling menjanjikan, hampir dapat dipastikan jawabannya adalah bisnis properti. Wajar saja karena bisnis properti memang memiliki pasar yang menggiurkan. Hal ini tentu saja tidak lepas dari permintaan yang selalu meningkat tiap tahunnya. Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa bisnis properti bisa sangat menguntungkan. Tentu saja hal ini tidak lepas dari kebutuhan dasar setiap manusia yaitu sandang, pangan, dan papan. Tidak ada satupun orang di dunia ini yang tidak ingin memiliki tempat tinggal. Tempat mereka berkumpul bersama yang dikasihi, tempat yang bisa melindungi mereka, dan tempat mereka bisa beristirahat setelah menjalani segala kesibukan.

23 September 2022
Profit dan Omzet itu Dua Hal yang Berbeda, Sudah Tahu
Omzet adalah salah satu komponen penting dalam bisnis yang berhubungan dengan pendapatan usaha. Komponen ini menjadi salah satu indikator yang menentukan sukses atau tidaknya suatu bisnis. Jika penghasilan yang didapat besar, maka kemunginan besar bisnis tersebut sukses. Begitu pula sebaliknya, jika omzet kecil, besar kemungkinan bisnis tersebut belum sukses seperti yang diharapkan pemiliknya.