Beda Menabung dan Investasi, Anda Prefer Mana?

12 Agustus 2022

Beda Menabung dan Investasi, Anda Prefer Mana? - Salah satu permasalahan keuangan yang sering kali menjadi perbincangan di kalangan masyarakat adalah anggapan mengenai menabung dan investasi merupakan kedua hal yang sama. Padahal anggapan tersebut adalah keliru alias tidak benar, sebab keduanya memiliki pengertian yang berbeda.

Pengertian Menabung dan Investasi

Menabung sendiri dilakukan dengan menyisihkan uang yang dimiliki untuk dikumpulkan sehingga jumlah terus menerus bertambah. Uang yang ditabung dapat disimpan dalam celengan, tabungan bersama, tabungan di bank, sebuah komunitas seperti arisan, dan berbagai macam cara lainnya. Tabungan memiliki pertumbuhan nilai yang lambat, namun dengan risiko yang rendah. Sehingga tidak heran jika banyak masyarakat yang lebih memilih untuk menabung dibandingkan investasi.

Sementara investasi merupakan penanaman dana dengan tujuan memperoleh timbal hasil di masa mendatang. Jika kita menyadari bahwa kebutuhan masa depan akan lebih besar, jelas kita akan melakukan perencanaan (investasi) guna memenuhi kebutuhan tersebut. Selain karena kebutuhan masa depan, seseorang melakukan investasi karena dipicu oleh banyaknya ketidakpastian atau hal yang tidak terduga dalam hidup ini. Contohnya seperti keterbatasan dana, musibah, kondisi pasar modal, kondisi kesehatan, dan juga laju inflasi yang tinggi.

5 Perbedaan Menabung dan Investasi

Baik menabung maupun beriventasi pastinya memiliki fungsi, risiko, dan keuntungannya masing-masing. Berikut ini 5 beda menabung dan investasi yang perlu Anda ketahui.

Beda Menabung dan Investasi : Tujuan

Menabung biasanya memiliki tujuan untuk mengatur keuangan jangka pendek atau ketika dalam keadaan mendesak. Misalnya untuk biaya kehidupan sehari-hari, belanja bulanan, dan lain sebagainya. Putaran uang di tabungan juga dipastikan lebih cepat ketimbang investasi, maka dari itu menabung dikategorikan sebagai simpanan jangka pendek.

Sementara tujuan investasi sendiri adalah untuk keuntungan jangka panjang. Maka dari itu, saat berniat untuk investasi, Anda perlu tahu bahwa keuntungan yang didapatkan tidak bisa langsung dirasakan. Sebagai bentuk simpanan jangka panjang, investasi biasanya memiliki periode tertentu. Misalnya dalam jangka 3 tahun, 5 tahum 10 tahun, bahkan lebih.

Objek

Beda menabung dan investasi yang kedua adalah objek. Objek menabung adalah uang, sementara investasi memiliki objek yang beragam. Seperti emas, properti, saham, obligasi, valas, dan masih banyak lagi. Objek disesuaikan dengan kebutuhan dan karakter Anda sebagai investor.

Beda Menabung dan Investasi : Akses Penggunaannya

Menabung memiliki sifat yang lentur, akses penggunaannya pun relatif sangat mudah sehingga orang bisa leluasa menggunakannya atau menariknya apabila ada keperluan. Sebaliknya dengan investasi, yang tidak memiliki sifat tidak lentur karena memiliki periode yang telah ditentukan. Maka akan sulit digunakan. Namun bila dilihat dari jenis investasi yang dipilih, emas yang lebih mudah digunakan dibandingkan dengan jenis investasi lainnya.

Tingkatan Risiko

Beda menabung dan investasi selanjutnya adalah tingkatan risiko di antara keduanya. Tingkatan risiko investasi jauh lebih tinggi dibandingkan menabung karena rentan dengan investasi bodong dengan iming-iming imbal hasil yang fantastis dalam waktu singkat. Maka dari itu Anda perlu berhati-hati.

Beda Menabung dan Investasi : Sumber Keuntungan

Beda menabung dan investasi yang terakhir adalah sumber keuntungan. Jika menabung di celengan tentunya tidak akan mendapatkan keuntungan lebih, tetapi kalau dilakukan di bank akan mendapatkan berupa bunga. Sementara sumber keuntungan pada investasi yang bisa didapatkan yaitu imbas hasil (return).

Itulah 5 perbedaan menabung dan investasi. Menabung berbeda dengan berinvestasi, kedua jenis penyimpanan uang ini memiliki kelebihan serta kelemahannya masing-masing. Semuanya tergantung dari tujuan Anda dalam menyimpan uang.

Anda bisa berinvestasi pada bisnis Anda dengan menggunakan IPOS. IPOS merupakan program toko yang sudah terintegrasi dengan akuntansi. Transaksi yang diinput dengan baik dan sesuai ketentuan akan menghasilkan informasi yang relevan dan akurat. Hal ini tentunya akan menguntungkan bisnis Anda di kemudian hari.

Coba gratis IPOS di sini untuk mendapatkan bantuan dalam pencatatan laporan keuangan dan inventaris perbengkelan Anda dengan mudah dan tepat sekarang.



Baca juga

29 September 2022
Generasi Milenial Datangkan Untung Bisnis, Gimana Caranya?
Generasi milenial adalah generasi yang lahir pada tahun 1980-an sampai akhir 1990-an. Kini, generasi milenial sudah memasuki usia kerja dan akan menjadi salah satu kekuatan ekonomi di dunia. Dengan jumlah lebih dari 90 juta jiwa, milenial kini merupakan salah satu target pasar berbagai perusahaan. Meskipun demikian, memasarkan produk kepada milenial memiliki tantangannya sendiri.

28 September 2022
Pendapatan Pasif Bisa Dimanfaatkan untuk Modal Bisnis, Lho!
Pada dasarnya, ada beberapa jenis sumber pendapatan. Di antaranya adalah pendapatan super aktif, pendapatan aktif, dan pendapatan pasif. Ketahui lebih lengkap tentang ketiga jenis sumber pendapatan, dan bagaimana cara mudah mendapatkan pendapatan pasif. Dewasa ini, seseorang tidak lagi dimungkinkan hanya mengandalkan pendapatan aktif untuk memenuhi kebutuhan masa kini dan masa mendatang. Oleh karena itu, sudah saatnya Anda untuk mulai memiliki pendapatan pasif dan memanfaatkannya untuk menjadi modal bisnis Anda.

27 September 2022
Tips Bisnis Properti ini Bisa Buat Anda jadi Sukses
Tempat tinggal atau rumah adalah kebutuhan primer bagi manusia dan harus dipenuhi untuk hidup. Dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk, kebutuhan akan tempat tinggal pun semakin meningkat. Bisnis properti juga semakin menjamur untuk mengimbangi kebutuhan masyarakat akan lahan dan tempat tinggal. Menyadari bahwa bisnis properti semakin berkembang dan menguntungkan, mungkin saja pernah terbesit di benak Anda untuk mencoba usaha di bisnis properti. Namun, kebanyakan orang berpikir bahwa untuk memulai bisnis properti membutuhkan modal besar sehingga membuat mereka mengurungkan niat.

26 September 2022
Bisnis Properti : Pengertian, Jenis, dan Keuntungannya
Setiap kali Anda bertanya ke orang-orang soal bisnis apa yang paling menjanjikan, hampir dapat dipastikan jawabannya adalah bisnis properti. Wajar saja karena bisnis properti memang memiliki pasar yang menggiurkan. Hal ini tentu saja tidak lepas dari permintaan yang selalu meningkat tiap tahunnya. Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa bisnis properti bisa sangat menguntungkan. Tentu saja hal ini tidak lepas dari kebutuhan dasar setiap manusia yaitu sandang, pangan, dan papan. Tidak ada satupun orang di dunia ini yang tidak ingin memiliki tempat tinggal. Tempat mereka berkumpul bersama yang dikasihi, tempat yang bisa melindungi mereka, dan tempat mereka bisa beristirahat setelah menjalani segala kesibukan.

23 September 2022
Profit dan Omzet itu Dua Hal yang Berbeda, Sudah Tahu
Omzet adalah salah satu komponen penting dalam bisnis yang berhubungan dengan pendapatan usaha. Komponen ini menjadi salah satu indikator yang menentukan sukses atau tidaknya suatu bisnis. Jika penghasilan yang didapat besar, maka kemunginan besar bisnis tersebut sukses. Begitu pula sebaliknya, jika omzet kecil, besar kemungkinan bisnis tersebut belum sukses seperti yang diharapkan pemiliknya.