Mengenali Karakteristik Customer dan Cara Menghadapinya

26 Januari 2022

Mengenali Karakteristik Customer dan Cara Menghadapinya - Pada dasarnya masing-masing orang memiliki karakter tersendiri, begitu juga dengan customer bisnis. Setiap customer tentunya akan memiliki pandangan tersendiri terhadap suatu produk, dimana hal inilah yang akhirnya menjadi dasar dalam mengambil keputusan.

Sebagai pemilik bisnis, Anda wajib mengenali karakter customer dan sehingga dapat mengatasinya dengan cara yang tepat. Hal ini begitu penting, mengingat di dalam bisnis tersebut Anda bisa saja menemukan konsumen dengan karakter yang beragam.

Pengertian Customer

Arti customer atau pelanggan adalah seseorang yang membeli barang atau produk yang dijual oleh suatu perusahaan atau toko. Seorang customer tidak berarti juga seorang konsumen. Mengapa? Karena bisa jadi ketika pelanggan membeli suatu barang ia memberikannya kepada orang lain sehingga tidak memakai produk yang dibelinya.

Jenis-Jenis Customer

Berikut jenis-jenis karakteristik customer yang wajib Anda ketahui.

  1. Internal Customer

Internal customer atau pelanggan internal adalah seseorang atau sekelompok orang yang ada di dalam perusahaan. Biasanya pelanggan internat memiliki pengaruh yang amat besar terhadap dalam sebuah perusahaan. Hal-hal yang biasanya diperhatikan oleh pelanggan internal adalah kerjasama tim, sistem yang terstruktur, pekerjaan yang berkualitas, dan pengiriman yang tepat waktu.

  1. External Customer

Eskternal customer atau pelanggan eksternal merupakan sekelompok orang atau orang yang berada di luar perusahaan. Pelanggan eksternal biasanya merupakan masyarakat umum yang biasa membeli produk perusahaan Anda. Beberapa hal yang biasanya diperhatikan oleh pelanggan eksternal sebelum membeli produk ialah kesesuaian dengan kebutuhan, harga yang kompetitif, kualitas produk, serta pengiriman dan pelayanan yang baik.

  1. Between Customer

Between customer atau pelanggan antara adalah seseorang atau sekelompok orang yang bertindak sebagai distributor sehingga mereka membeli namun bukan sebagai pemakai akhir dari produk tersebut. Misalnya saja, agen baju yang bertindak mendistribusikan produk baju tersebut.

Mengenali Karakteristik Customer

Customer tentu saja memiliki berbagai macam karakter, karena mereka terlahir dari latar belakang lingkungan yang berbeda-beda. Anda perlu mengenali karakteristik customer ini dan mengatur strategi bagaimana cara menghadapinya.

Berikut beberapa karakter customer yang perlu Anda ketahui beserta strategi untuk menghadapinya.

Customer Pemarah

Menghadapi orang pemarah tentu bukan hal yang mudah karena jika salah melayani customer tipe ini, Anda bisa mendapat dampak dari amarahnya. Jika Anda menemui customer dengan karakter seperti ini, Anda perlu :

  1. Berusaha untuk Tetap Tenang. Anda harus tetap tenang dan jangan panik. Coba untuk atur napas dengan inhale dan exhale secara beraturan. Hadapilah dengan senyuman yang paling tulus.
  2. sabarlah menghadapi pelangaan yang pemarah dan jangan ikut terpancing emosi. Jika Aanda terpancing, maka urusan bisa menjadi semakin runyam. Bahkan atasan Anda bisa saja menyalahkan Anda atas sikap yang kurang baik kepada pelanggan.
  3. Dengarkan Perkataannya. Pelan-pelan coba dengarkan setiap kata dan kalimat yang disampaikan. Coba pahami apa maksud dan tujuannya, karena siapa tahu apa yang ia sampaikan demi kebaikan perusahaan Anda juga.
  4. Berikan Penjelasan dengan Cara yang Baik. Coba berikan penjelasan dengan cara yang baik kepada pelanggan sambil menunggu amarahnya mereda. Ketika berbicara, usahakan untuk menggunakan nada rendah dengan mimic wajah yang ramah.
  5. Pahami Penyebab Kemarahannya. Seseorang marah tentu ada penyebabnya, Anda harus menggali penyebab mengapa ia begitu marah. Apakah karena pelayanan atau produk yang ia beli. Hal ini berguna untuk menjadi bahan evaluasi ke depannya.

Customer Pendiam

Menghadapi customer yang pendiam dibutuhkan trik khusus yang perlu Anda kuasai. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan jika menghadapi customer yang pendiam :

  1. Cobalah untuk Terlihat Akrab. Lakukan pendekatan seolah kalian adalah teman akrab agar ia lebih terbuka dengan Anda.
  2. Ajaklah Bicara dengan Nyaman. Orang pendiam biasanya memiliki gaya bicara yang khas. Cobalah untuk menyesuaikan gaya bicaranya dan buatlah ia nyaman ketika berbicara dengan Anda.
  3. Tanya Tentang Barang yang Dibutuhkannya. Jika ia masih diam saja, Anda bisa to the point untuk menanyakan apa saja barang yang sedang ia butuhkan atau cari. Hal ini dapat menghemat waktu dan menjadikannya lebih efektif.

Customer Tidak Sabaran

Jika  Anda menemui pelanggan yang tidak sabaran, ada beberapa hal yang Anda perhatikan :

  1. Menambah Kecepatan. Ketika pelanggan Anda terlihat tidak sabaran. Anda harus sigap dan cepat dalam melayani. Mungkin saja dia tidak sabaran karena sedang terburu-buru akan suatu hal. Sehingga ia tidak bisa menunggu lama.
  2. Harus Sabar. Kesabaran adalah kunci utama dalam menghadapi pelanggan yang tidak sabaran. Anda harus tetap melayaninya dengan baik dan benar. Berikan senyuman yang paling tulus kepada pelanggan Anda agar ia bisa merasa dihargai dan dihormati.
  3. Penuhi Kebutuhannya. Coba tanyakan apa saja yang dibutuhkannya. Sehingga Anda bisa dengan segera memenuhi kebutuhannya tanpa menunda-nunda.

Customer Detail

Pelanggan yang teliti harus Anda waspadai karena ia bisa saja bertanya hal-hal tentang produk dengan teliti dan mendetail. Mengapa Anda harus waspada? Karena Anda harus mampu menjawab setiap pertanyaan yang ia ajukan, jangan sampai Anda tidak dengan produk yang Anda jual.

Customer Hemat

Pelanggan yang hemat harus Anda layani dengan baik dan senyum yang tulus. Cara yang bisa Anda lakukan saat melayaninya adalah dengan menjelaskan informasi produk yang sedang diskon. Sehingga pelanggan tersebut tertarik untuk membeli barang diskon tersebut.

Akan lebih mudah menghadapi customer dengan berbagai macam karakter jika Anda sudah mengenal karakteristik customer tersebut. Apalagi pentingnya pelayanan customer untuk kepuasan pelanggan yang akan membuat Anda selalu menjadikan customer raja.

Kenali karakteristik customer Anda diperlukan dan bagaimana Anda menanganinya sangat penting untuk mencapai tujuan bisnis Anda. Namun jangan lupakan untuk masalah internal bisnis, yaitu pembukuan yang tak kalah penting.

Gunakan sistem pembukuan yang efisien untuk hasil optimal dalam perencanaan finansial usaha Anda kedepannya. IPOS merupakan software toko yang terintegrasi dengan akuntansi yang memiliki fitur lengkap dan sesuai kebutuhan usaha Anda. Anda juga bisa mendata karakter-karakteristik setiap customer Anda sebagai meningkatkan pelayanan ke depannya.

Tertarik dengan IPOS? Coba gratis di sini.



Baca juga
  »
20 Mei 2022
Kutipan Seputar Bisnis Steve Jobs Paling Inspiratif
Siapa yang tidak mengenal seorang Steve Jobs? Founder perusahaan Apple yang melegenda. Pria kelahiran San Francisco, California ini mampu membuat merek Apple menjadi produk teknologi terbaik. Karena selalu berada di posisi terdepan dalam pengembangan teknologi telekomunikasi. Brand Aplle memiliki beberapa produk andalan seperti iPhone, iWatch, dan Mac yang langsung diburu setiap kali dirilis. Kepiawaian Steve Jobs dalam bisnis patut diacungi jempol. Jasa-jasanya dapat menjadi inspirasi bagi semua karyawan yang ada di dalam perusahaannya. Kutipan-kutipannya bisa dijadikan pedoman dan inspirasi untuk meraih kesuksesan. Berikut 7 kutipan seputar bisnis steve jobs paling inspiratif untuk Anda simak.

  »
19 Mei 2022
Kesalahan dalam Merekrut Karyawan yang Wajib Anda Tahu
Mengelola sebuah bisnis, baik yang baru mulai ataupun yang sedang berkembang tentunya tidak bisa dikerjakan sendiri. Langkah tepat untuk membantu Anda dalam menjalankan bisnis adalah dengan merekrut karyawan. Tetapi sebelum melakukan perekrutan, ketahui kesalahan dalam merekrut karyawan apa saja yang harus Anda hindari. Hal ini dilakukan agar mendapatkan calon karyawan yang tepat. Dengan demikian, baik Anda maupun karyawan tersebut dapat sama-sama membangun bisnis dengan lebih maksimal. Berikut 10 kesalahan dalam merekrut karyawan yang wajib Anda tahu.

  »
18 Mei 2022
Tips Finansial untuk Pebisnis Baru, Catat!
Membuka bisnis sendiri nyatanya merupakan impian untuk sebagian orang. Apalagi, membuka suatu bisnis dapat meningkatkan peluang untuk memperbanyak pendapatan, meski risiko yang dimiliki tentu tidak bisa dibilang kecil. Ketika hendak membuka usaha, pastinya terdapat banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan, salah satunya mengenai finansial bisnis Anda. Salah satu faktor utama yang menyebabkan sebuah startup gagal adalah kurangnya pendanaan. Maka dari itu, diperlukan manajemen keuangan yang tepat agar bisnis tetap berjalan dengan stabil dan lancar.

  »
17 Mei 2022
Bisnis Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan
Mengelola bisnis sampingan di rumah untuk menambah pendapatan merupakan hal yang bisa dilakukan agar lebih produktif. Tidak perlu khawatir untuk mengeluarkan modal besar, karena beberapa bisnis sampingan tersebut sebenarnya tetap bisa dilakukan dengan modal yang sedikit, lho! Jika Anda membutuhkan referensi contoh bisnis sampingan modal kecil, maka beberapa ide bisnis berikut ini bisa Anda jadikan sebagai inspirasi berbisnis.

  »
12 Mei 2022
Tips Raup Keuntungan Besar dari Berjualan Makanan di Bazar
Mengikuti tips jualan agar barang dagangan laris manis memang terkesan hanya sebuah teori. Kenyataannya, banyak lho orang yang bisa sukses dari mengikuti tips berjualan. Salah satunya adalah saat berjualan di bazar. Benar, berjualan di bazar memang kini tengah menjadi pilihan banyak orang untuk mendapatkan uang tambahan. Selain dapat dilakukan saat akhir pekan alias weekend, Anda juga bisa menjual barang apapun di bazar. Bazar sendiri adalah suatu acara yang diselenggarakan oleh suatu komunitas atau perusahaan dalam selang waktu tertentu yang baisanya diramaikan dengan para booth yang menjual produk mereka masing-masing. Tidak sedikit pengusaha yang masih kecil hingga yang sudah besar tertarik mendaftarkan bisnis mereka untuk membuka kios di suatu bazar untuk mendapatkan profit yang besar. Salah satu booth yang ditemukan dalam acara bazar adalah kios makanan.