Keuntungan Memiliki Toko Online dan Bagaimana Cara Memulainya?

13 Januari 2022

Keuntungan Memiliki Toko Online dan Bagaimana Cara Memulainya - Dengan terus berkembangnya teknologi, seluruh kegiatan atau aktivitas yang biasa dilakukan manusia menjadi semakin mudah untuk dikerjakan. Misalnya saja, kita tidak memerlukan lagi yang namanya datang ke tempat jauh untuk menemui seseorang.

Karena sekarang smartphone yang mudah dibawa kemana-mana dan dapat berbicara dengan semua orang tanpa adanya batasan. Teknologi yang semakin hari semakin canggih ini juga membuat kita mudah menikmati semua yang tersedia di dunia.

Memanfaatkan teknologi dengan cara membuka toko online yang menyediakan apapun yang dibutuhkan oleh para konsumen atau calon pelanggan Anda, merupakan cara efektif dalam memperoleh keuntungan. Bahkan dapat lebih dari yang Anda bayangkan. Jadi, bagi Anda yang ingin berbisnis online atau bahkan yang sudah memiliki toko online, ini merupakan pekerjaan yang sangat bisa mencukupi kebutuhan kalian. Berikut keuntungan memiliki toko online dan bagaimana cara memulainya.

Keuntungan Memiliki Toko Online

  1. Memudahkan Transaksi

Jika mereka menganggap bahwa berjualan secara online hanya memperumit, sebenarnya mereka keliru. Karena justru toko online semakin memudahkan transaksi terjadi.

Toko online biasanya akan menyediakan fitur chat untuk para pelanggan berinteraksi dengan mereka. Seperti halnya dengan kegiatan pembelian biasa. Para pembeli pun tidak perlu bingung mencari seperti halnya ketika ingin bertanya ke karyawan toko konvensional.

  1. Mudah Mengarahkan Pelanggan

Jika Anda memiliki toko online dan menargetkan untuk penjualan lebih banyak pada produk tertentu, hal itu akan lebih mudah.

Karena produk hanya perlu ditampilkan lebih mencolok pada toko online, sehingga hal itu akan lebih atraktif bagi pelanggan yang berkunjung. Peluang penjualan pun akan semakin besar, apalagi juga menampilkan testimoni pelanggan yang sudah puas akan produk. Ini keuntungan memiliki toko online yang sulit didapatkan dari toko konvensional.

  1. Banyak Order tidak Masalah

Keuntungan memiliki toko online yang kedua adalah lebih mudah untuk memproses semua order yang masuk, karena semuanya sudah terekam dalam komputer.

Hanya perlu melakukan rekap dan kemudian dapat langsung memproses pengiriman ke pelanggan. Sehingga banyak order pun tidak ada masalah, karena pelanggan pun tidak perlu antri, semua orderan dapat masuk bersamaan.

  1. Efisien Biaya

Keuntungan memiliki toko online ini yang membuat banyak pengusaha semakin tertarik, bahkan rela untuk beralih dan fokus pada bisnis online.

Yakni toko online yang lebih hemat biaya. Tidak perlu menyewa gedung atau tempat penjualan khusus, sudah bisa berjualan dan mempromosikan barang dagangan hanya dengan website e-commerce. Bahkan jangkauannya pun bisa jauh lebih luas tidak hanya satu daerah tertentu. Potensi mendapatkan pelanggan pun akan semakin besar.

  1. Menarik Pelanggan Kembali

Salah satu para penjual tentu adalah mendapatkan para pelanggannya kembali membeli produk mereka. Karena dengan begitu akan memberikan lebih banyak jaminan keuntungan. Melalui toko online, hal ini lebih mudah untuk dilakukan, karena pemilik tinggal memasang aplikasi pop-up untuk mengumpulkan email dari pelanggan kemudian menghubungi mereka lagi dengan penawaran produk-produk baru yang menggiurkan.

  1. Berjualan Hingga ke Luar Negeri

Karena pengguna internet yang dapat menjangkau toko online bukan hanya orang Indonesia tetapi juga orang luar negeri, hal ini tentu semakin memudahkan untuk menjual hingga ke luar negeri.

Hanya perlu mengatur pada bahasanya dengan Bahasa Inggris dan kemudian mengatur jalir pengiriman barangnya supaya tidak terlalu mahal di ongkos kirim. Keuntungan memiliki toko online ini juga lebih sulit dilakukan oleh toko-toko konvensional.

  1. Keuntungan Lebih Besar

Satu hal lain yang sulit untuk dipenuhi oleh toko konvensional adalah kemampuan toko online untuk buka selama 24 jam.

Bagi Anda yang memiliki toko online bisa saja menerima order pada jam-jam di luar jam kerja. Hanya tinggal menyiapkan smartphone untuk menerima order. Dengan begitu keuntungan yang Anda dapatkan bisa lebih besar.

Cara Memulai  Bisnis Online

Setelah mengetahui keuntungan-keuntungan memiliki toko online. Pada dasarnya ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar bisnis Anda lancar dan berkembang di kemudian hari. Adapun langkah-langkah yang perlu Anda lakukan, di antaranya

  1. Riset Kebutuhan Pasar

Dengan mengetahui apa kebutuhan yang sedang dicari dan dibutuhkan pasar, maka bisnis Anda akan lebih cepat mendapatkan keuntungan. Bagaimanapun, bisnis Anda haruslah bisa menyediakan kebutuhan pasar dan menawarkan solusi kepada pasar yang sedang mencari-cari produk itu.

  1. Tentukan Produk yang Akan Dijual

Dengan menentukan dengan baik produk apa yang akan Anda jual, Anda akan jauh lebih mudah menentukan cara promosi dan cara berjualan yang cocok dengan produk yang Anda jual.

  1. Kenali Mekanisme Bisnis Online

Setelah melakukan riset dan sudah menentukan kira-kira produk apa yang akan Anda jual, selanjutnya Anda perlu mempelajari proses teknis untuk memulai usaha online. Anda perlu membaca banyak artikel soal bisnis online, mulai mencoba membuat toko online di e-commerce, bahkan di media sosial.

Cara memulai bisnis online yang terbaik adalah mengetahui seluk-beluk bisnis online itu sendiri, agar Anda dapat menghasilkan angka penjualan dan keuntungan yang optimal.

  1. Persiapkan Mental Anda

Berbisnis online memang terkesan simple dan mudah untuk dilakukan, namun persaingan dari bisnis online ini sangatlah besar. Penting untuk mempersiapkan mental Anda agar tidak putus asa dan berhenti di tengah jalan.

  1. Buatlah Brand yang Menarik dan Mudah Diingat

Sebelum Anda memutuskan untuk merilis dan menjual produk, penting untuk memilih dan memikirkan nama toko terlebih dahulu. Pilihlah nama yang menarik dan mudah diingat, supaya orang-orang pun dapat lebih lama mengingat produk Anda. Apabila brand Anda unik dan mudah diingat oleh banyak orang, maka Anda pun tidak akan terlalu sulit ketika melakukan promosi.

Untuk membangun Anda mengembangkan bisnis, Anda perlu untuk melirik software toko yang sudah terintegrasi dengan akuntansi yang tepat. Software toko seperti IPOS tentulah akan menjadi pilihan jitu yang mampu membantu bisnis Anda ke depannya.

Coba gratis IPOS di sini.



Baca juga
  »
29 Juni 2022
Hardware Kasir : Perangkat Pendukung dalam Program Kasir
POS atau point of sales merupakan sebuah sistem yang memadukan antara perangkat lunak dan hardware kasir yang digunakan untuk membantu proses transaksi penjualan. Karena dinilai sangat membantu dalam operasional sehari-hari, kini banyak pelaku usaha yang menggunakannya. Jika Anda tertarik, lebih baik Anda mengenali perangkat pendukung Hardware kasir yang biasa digunakan untuk Program kasir berikut ini.

  »
28 Juni 2022
Modal Bisnis Kopi : Perkiraan dan Cara Mendapatkannya
Bisnis coffe shop alias kedai kopi memang sedang berkembang pesat beberapa tahun ke belakang ini. Gelombang third wave coffe telah membawa bisnis kopi lebih dari sekadar tempat duduk-duduk orang tua yang sedang santai. Anak-anak muda penikmat kopi pun bermunculan dan menjadikan minuman ini lebih dari sekadar konsumsi melainkan bagian dari gaya hidup. Sebagai kelompok usia paling konsumtif, anak-anak muda yang mulai ikut ngopi menciptakan peluang yang besar bagi para pebisnis. Bisnis kopi kini menggeliat pesat. Dengan berbagai konsep, berbagai produk, dan ide-ide memunculkan ribuan coffe shop unik di seluruh Indonesia. Lantas kira-kira berapakah modal bisnis kopi dan bagaimana cara mendapatkannya?

  »
27 Juni 2022
Tips Memulai Usaha Warung Kopi untuk Para Pemula
Sebagai produsen kopi berkualitas, Indonesia memiliki peluang yang besar untuk memproduksi kopi siap minum. Hal ini tentunya menjadi peluang untuk usaha yang potensial. Terutama riset dari Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian milik Kementerian Pertanian menyatakan bahwa konsumsi kopi masyarakat Indonesia pada tahun 2016-2021 saja tumbuh sebanyak 8.22% per tahun. Sehingga walau banyak usaha warung kopi menjamur di mana-mana, peluang di bidang ini akan terus terbuka untuk Anda selama permintaan kopi terus bertambah.

  »
24 Juni 2022
5 Pelajaran Bisnis dari Film Joker dalam Kehidupan
Joker merupakan sebuah film thriller Amerika Serikat tahun 2019 yang disutradarai oleh Todd Phillips, yang mengangkat kisah berdasarkan karakter antagonis musuh bebuyutan Bruce Wayne alias Batman karya DC Comics. Film ini dibintangi oleh beberapa artis papan atas seperti Joaquin Phoenix, Robert De Niro, Zazie Beetz, dan Frances Coroy. Merupakan hasil garapan rumah produksi Warner Bros Pictures, film Joker tayang serentak di bioskop Indonesia pada 2 Oktober 2019 lalu. Joker sendiri bercerita tentang Arthur Fleck, seorang comedian tunggal di Gotham, kota yang terkenal akan kesenjangan sosial. Arthur yang berasal dari masyarakat kelas bawah mengalami kegagalan selama menjalani profesinya, tekanan psikis dan diabaikan masyarakt kota Gotham pun ia rasakan.

  »
23 Juni 2022
Tips Merekrut Akuntan Terbaik untuk Majukan Bisnis
Perusahaan yang baru berdiri banyak sekali menghadapi permasalahan. Salah satu di antaranya adalah kebingungan melaporkan kinerja keuangan yang dimiliki mereka. Perusahaan startup akhirnya merekrut akuntan untuk membantu mereka mengatasi kesulitan ini. Biarpun begitu, merekrut akuntan bukanlah perkara mudah. Dalam menyewa akuntan juga perlu memperhatikan kemahirannya dalam pembukuan dan teknologi. Hal ini karena pekerjaan akuntan terkadang dalam membuat laporan keuangan juga didukung dengan penggunaan software akuntansi.