Manfaat Instagram Reels untuk Bisnis : Cara Baru untuk Promosi Bisnismu

2 Desember 2021

Manfaat Instagram Reels untuk Bisnis : Cara Baru Promosi Bisnismu – Instagram Reels kini sudah dapat digunakan oleh pengguna Instagram di Indonesia. Fitur ini pertama kali dirilis di Indonesia pada tanggal 24 Juni 2021 lalu. Fitur terbaru Instagram ini dipercaya dapat membantu para pemilik bisnis untuk mempromosikan produknya.

Menurut Robert Miller, conversion rate Instagram atau persentase pengaruh post Instagram terhadap pembelian produk yang di-post adalah sekitar 1.85%. Angka ini lebih tinggi jika dibandingkan Facebook dan Twitter.

Untuk itu, penting bagi Anda untuk memahami apa itu  Instagram Reels, berikut ulasan lengkapnya.

Apa itu Fitur Instagram Reels?

Instagram Reels adalah fitur terbaru Instagram yang dapat penggunanya pakai untuk membuat video menarik dengan durasi singkat. Video di Instagram Reels dapat dibuat dengan durasi minimal 3 detik dan maksimal 30 detik. Dengan menggunakan fitur Reels ini, video berdurasi pendek dapat terungah di feed dan akan menjangkau banyak audiens.

Dengan mengupload video Anda di Instagram Reels, maka konten yang Anda buat akan memiliki lebih banyak peluang untuk dilihat. Ditambah lagi di dalam Instagram Reels terdapat fitur Reels Explore Feed yang konsepnya mirip seperti For You Page pada aplikasi TikTok.

Dengan masuknya Reels Anda di Reels Explore, maka sudah pasti video Anda akan mendapatkan view yang cukup tinggi.

Cara Menggunakan Instagram Reels

Bagi Anda yang baru ingin mencoba fitur menarik Instagram satu ini, berikut kami berikan cara menggunakan Instagram Reels.

  1. Pertama-tama, pastikan Anda telah update aplikasi Instagram Anda ke versi terbaru untuk menggunakan fitur ini.
  2. Buka aplikasi Instagram, cek bagian bawah terdapat ikon reels di tengah-tengah ikon search dan
  3. Setelah itu, Anda bisa memilih durasi. Terdapat dua pilihan yaitu 15 detik dan 30 detik. Anda dapat memilih di antaranya keduanya tergantung konten apa yang akan Anda buat.
  4. Selesai memilih durasi Anda dapat langsung memilih audio, effect, layout, dan yang lain sesuai dengan selera Anda.
  5. Untuk merekam Anda bisa menekan tombol dengan ikon Reels atau menggunakan fitur timer yang telah disediakan. Anda juga bisa langsung upload video yang sudah ada di galeri HP Anda.
  6. Ketika pengambilan video, Anda bisa melakukannya secara bertahap, tidak perlu langsung one take satu durasi penuh.
  7. Jika sudah selesai Anda dapat melakukan preview terlebih dahulu untuk melihat keseluruhan hasilnya.
  8. Lalu, Anda bisa menambahkan tulisan, effect, dan sticker untuk membuat tampilan video Anda lebih menarik.
  9. Setelah Anda merasa cukup, Anda bisa langsung share Reels Anda! Selamat mencoba!

Manfaat Instagram Reels untuk Bisnis

Setelah mengenal dan mengetahui cara penggunaan fitur terbaru Instagram Reels. Kini Anda harus mengetahui bahwa Instagram Reels memiliki peluang besar untuk dijadikan sebagai wadah promosi bisnis. Berikut manfaat Instagram Reels untuk bisnis Anda.

  1. Mendorong Engagement Post Instagram

Manfaat Instagram Reels untuk bisnis yang pertama ialah sebagai media untuk mendorong engagement Instagram. Setiap postingan Reels yang Anda upload, akan masuk ke halaman feeds dan explore Instagram. Hal ini membuat tingkat engagement akun bisnis Anda bisa lebih tinggi.

Akan tetapi, pastikan Anda membuat konten-konten yang menarik untuk bisnis sehingga calon customer yang melihat Reels Anda akan tertarik untuk mengunjungi profil Instagram bisnis Anda dan memutuskan untuk membeli produk atau menggunakan jasa Anda.

  1. Meningkatkan Followers

Karena Reels bisa dimunculkan di bagian explore Instagram, traffic pengunjung Instagram Anda bisa meningkat dan berujung pada kenaikkan jumlah Followers. Semakin banyak followers berarti usaha Anda akan semakin dikenal banyak orang. Jika follower adalah target bisnis Anda, biasanya kepercayaan akan tumbuh seiring dengan konten yang dibuat.

  1. Media Kolaborasi Bisnis

Jika sebelumnya para Content Creator banyak kerja sama dan kolaborasi dengan suatu brand untuk mempromosikan produk melalui Instastory atau postingan Feeds saja, kini Reels bisa dimanfaatkan sebagai media kolaborasi juga. Ini akan sangat menguntungkan bagi bisnis Anda. Karena biasanya ketika konten yang Anda buat itu menghibur, pengikit akan membagikan postingan ke beranda mereka atau biasa disebut dengan Repost.

Rekomendasi Jenis Konten Instagram Reels untuk Bisnis

Di bawah ini, kami akan berikan beberapa ide konten yang bisa dibuat dengan menggunakan Instagram Reels :

1. Tutorials

Konten reels yang cukup populer adalah konten tutorial atau panduan yang tentu dapat diaplikasikan untuk industri apapun. Misalnya, tutorial makeup, mix and match fashion, dan lain sebagainya.

2. Tips & Trick

Konten Reels Tips adalah jenis konten yang dapat dilakukan siapa saja dan di industri apapun. Karena sangat umum dan aplikatif. Tentunya jenis konten yang banyak digemari dan sangat membantu oleh banyak orang.

3. Promosi Produk

Bagi Anda yang ingin memanfaatkan konten reel untuk mempromosikan produk. Anda bisa memanfaatkan jenis konten satu ini dengan cara menunjukan detail dari produk Anda. Anda bisa melakukannya secara Hard sell atau Soft sell, keduanya sama-sama baik untuk dicoba agar Anda bisa mengetahui mana yang lebih efektif.

4. Review Produk

Selain menampilkan detail produk, Anda juga bisa membuat konten Review Produk. Selain untuk memperjelas hal-hal yang menjual, tentunya konten satu ini dapat menarik minat orang yang melihat untuk mempelajari lebih tentang produk.

5. Behind The Scene

Konten Reels yang menarik untuk dicoba adalah cerita sehari-hari di balik layar. Karena banyak orang tentu penasaran dengan keseharian orang lain. Maka konten Behind the Scenes ini sangat baik buat Anda coba. Contoh paling mudah dari jenis konten adalah menyajikan Behind the scenes dari bisnis yang Anda jalankan.

6. Before and After

Konten jenis ini dapat dilakukan untuk bisnis penyedia jasa cleaning service, penata rambut, make up artist, dan lain sebagainya. Anda bisa memperlihatkan kondisi sebelum menggunakan jasa, lalu selanjutkan berikan klip hasil kerja yang telah Anda lakukan.

7. Stroytelling

Ceritakan bisnis yang Anda jalankan dengan sejujur-jujurnya dan tentunya harus jelas. Misalnya dapat diawali dengan cerita visi dan passionmu dalam menjalankan bisnis ini.

Dalam keadaan seperti saat ini, promosi memang harus dilakukan di media sosial dibandingkan offline. Anda selaku pemilik bisnis harus mau untuk mengikuti arus untuk memiliki dan fokus dan dunia digital. Karena apabila Anda tidak mau mengikuti, sudah pasti bisnis Anda akan sepi peminat dan lambat laun akan hilang tergantikan oleh kompetitor.

Agar lebih mudah menangkap peluang di dunia digital, upgrage juga bisnis Anda dengan menggunakan Software toko IPOS. IPOS memiliki fitur-fitur menarik yang memudahkan Anda untuk mengatur transaksi pada bisnis Anda di era serba canggih saat ini.

Coba gratis IPOS di sini.



Baca juga
  »
26 Januari 2022
Mengenali Karakteristik Customer dan Cara Menghadapinya
Pada dasarnya masing-masing orang memiliki karakter tersendiri, begitu juga dengan customer bisnis. Setiap customer tentunya akan memiliki pandangan tersendiri terhadap suatu produk, dimana hal inilah yang akhirnya menjadi dasar dalam mengambil keputusan. Sebagai pemilik bisnis, Anda wajib mengenali karakter customer dan sehingga dapat mengatasinya dengan cara yang tepat. Hal ini begitu penting, mengingat di dalam bisnis tersebut Anda bisa saja menemukan konsumen dengan karakter yang beragam.

  »
25 Januari 2022
Tips Memilih Supplier Terbaik yang Kredibel
Siapapun yang baru memulai bisnis pasti pernah merasa kebingungan dalam mencari supplier yang baik dan juga kredibel. Karena memang untuk memilih supplier tidaklah mudah. Terdapat banyak faktor-faktor yang harus Anda perhitungkan sebelum memilih supplier dan melakukan kerjasama. Memilih supplier membutuhkan ketelitian agar tidak merugikan bisnis Anda nantinya. Untuk itu, berikut tips memilih supplier terbaik yang kredible untuk sobat Trigonal.

  »
24 Januari 2022
Cara Berpikir Pengusaha Sukses yang Wajib Anda Miliki
Tipsnya adalah mengikuti cara berpikir pengusaha atau pola pikir untuk menjadi orang sukses. Siapa yang ingin tidak sukses? Pada kenyataannya, hampir semua orang ingin sukses dan memiliki sesuai yang diharapkan. Untuk menjadi pribadi yang sukses, Anda membutuhkan ketekunan, kegigihan, serta mental yang kuat. Berbagai tips serta strategi bisnis banyak tertuang di dalam buku bisnis atau seminar. Tetapi mengapa bisnis yang dijalankan belum mencapai kesuksesan? Atau kenapa Anda sebagai pengusaha merasa kesulitan dalam mengikuti tips-tips bisnis yang telah diberikan oleh pengusaha sukses, baik melalui buku atau seminar?

  »
21 Januari 2022
Rekomendasi Film Motivasi Kerja yang Wajib Ditonton Weekend Ini
Dunia kerja merupakan fase dimana Anda memiliki tanggung jawab yang lebih besar lagi untuk menyambung kehidupan. Tetapi, terkadang orang dengan tanggung jawab ini merasakan patah semangat karena suatu dan lain hal. Orang yang sedang mengalami hal itu perlu diberikan semangat dan motivasi dari orang terdekat. Setiap orang pasti ingin mendapatkan rasa semangat dan optimis yang tinggi. Namun terkadang banyak hal yang justru membuat seseorang itu kehilangan semanagt. Salah satunya ketika mood sedang jelek, atau ketika pekerjaan di kantor menumpuk sehingga bukannya cepat-cepat untuk diselesaikan, malah kehilangan semangat untuk bekerja.

  »
20 Januari 2022
Tips Memulai Dropship, dan Kenali Tantangan Berbisnis Dropship
Bagi Anda yang tertarik untuk mulai berbisnis, mungkin model bisnis dropship dapat menjadi salah satu alternatif model bisnis. Setiap bisnis model memiliki kelebihan dan keuntungannya masing-masing tidak terkecuali berbisnis dengan menggunakan metode ini. Sebelum Anda menentukan pilihan bisnis, ada baiknya untuk melakukan riset terlebih dahulu.  Tujuannya agar dapat mengantisipasi risiko yang dapat terjadi kelak. Dalam artikel kali ini, Anda akan mendapatkan tips memulai dropship yang bermanfaat sebelum memulai bisnis dengan cara satu ini.