Cara Memulai Bisnis Makanan Online untuk Pemula

5 Oktober 2021

Usaha kuliner adalah bisnis yang menjanjikan. Karena makanan merupakan kebutuhan yang banyak dicari setiap orang serta perkembangannya yang semakin pesat. Maka tak heran banyak yang mencari cara untuk memulai usaha makanan.

Sama seperti bisnis jenis lainnya, tentu Kamu harus memperhatikan strategi. Karena strategi dalam sebuah bisnis dapat membuat Kamu memperkirakan bagaimana bisnis tersebut bisa sukses di masa depan.

Lalu bagaimanakah cara memulai usaha kuliner untuk pemula? Berikut beberapa tips dari Trigonal supaya Kamu dapat mendirikan usaha makanan yang sukses

  1. Tentukan Jenis Makanan yang Ingin Dijual

Bisnis makanan adalah suatu jenis bisnis yang memiliki cakupan yang cukup luas. Di negara kita sendiri memiliki berbagai jenis bisnis makanan. Mulai dari makanan tradisional sampai dengan makanan yang terinsipirasi dengan makanan luar negeri. Maka dari itu cara memulai bisnis makanan online bagi Kamu seorang pemula adalah dengan menentukan jenis makanan mana yang akan Kamu jual.

  1. Kelola Keuangan dengan Matang

Dalam semua jenis usaha, aspek finansial merupakan nyawa penting, tak terkecuali usaha makanan. Oleh karena itu mengelola finansial dengan baik adalah cara yang tepat untuk memulai usaha kuliner supaya dapat berjalan.

Kamu dapat menggunakan dana pribadi sebagai modal awal, atau Kamu dapat mengajukan pinjaman ke orang-orang terdekat ataupun lembaga keuangan jika tidak punya dana. Selain itu, Kamu juga bisa mengajukan dana kepada investor dengan memanfaatkan business plan yang telah Kamu buat.

  1. Riset Kompetitor

Dalam dunia bisnis, wajar jika kita terus bersaing dengan puluhan atau ratusan kompetitor. Supaya dapat masuk ke dalam circle persaingan, cara yang tepat sebelum memulai usaha adalah melakukan riset kompetitor. Kamu perlu mencari tahu apa saja kelebihan dan kekurangan dari kompetitor supaya Kamu dapat mempelajari dengan baik.

Dari sanalah, Kamu akan menemukan celah yang tepat agar dapat menyaingi atau bahkan melebihi kompetitor, baik dari segi harga, ciri khas, dan pengemasan.

  1. Cari Usaha Lokasi yang Strategis

Selain riset kompetitor, Kamu juga perlu mencari lokasi sebelum memulai bisnis makanan. Pastikan Kamu memilih lokasi yang banyak dikunjungi atau dilalui banyak orang. Selain itu Kamu harus memperhitungkan modal yang perlu Kamu keluarkan serta peta persaingan bisnis di lokasi yang Kamu pilih.

Jangan sampai modal Kamu terkuras hanya untuk membeli atau menyewa tempat usaha, namun hasilnya zonk karena kesulitan menarik konsumen ketika bisnis Kamu dekat dengan sebuah brand ternama. Para konsumen tentu akan cenderung memilih brand yang sudah mereka kenal, bukan ke toko Kamu.

  1. Tentukan Supplier yang Cocok dengan Usaha.

Tentu saja Kamu perlu pasokan bahan baku dasar agar bisa diolah menjadi produk siap jual. Untuk Kamu yang masih pemula, Kamu mungkin masih bisa melakukannya secara mandiri dengan berbelanja ke pasar. Tetapi Kamu tetap membutuhkan supplier yang mampu memberikan bahan baku dengan kualitas terbaik untuk keefisienan waktu.

Sangat dianjurkan untuk memiliki supplier yang dapat memasok semua bahan baku produksi setiap harinya. Kamu juga perlu mengusahakan untuk memiliki lebih dari satu supplier sebagai alternatif apabila supplier satunya tidak bisa menyediakan permintaan.

  1. Terus Melakukan Inovasi

Dengan terus melakukan inovasi dari waktu ke waktu, bisnis makanan Kamu akan terlihat berbeda dari para kompetitor. Inovasi yang dapat Kamu lakukan dapat dari tampilan, bentuk, rasa, maupun kreasi dari penyajian atau pembuatannya. Oleh karena itu, memulai bisnis makanan harus disertai dengan cara yang tepat seperti membuat inovasi terbaru untuk menarik perhatian pelanggan.

  1. Rekrut Tenaga Kerja

Tidak ada salahnya memikirkan untuk merekrut karyawan jika bisnis makanan Kamu sudah mulai berkembang dengan pesat. Selain untuk membuat operasional bisnis Kamu lebih efektif dan efisien, cara ini perlu dilakukan supaya Kamu dapat mengembangkan bisnis lebih besar lagi dengan memulai cabang baru untuk kedepannya.

Jangan lupa untuk memperhatikan kesejahteraan karyawan yang Kamu rekrut dengan pemberian gaji yang sepadan serta tepat waktu. Hal ini akan menjaga kestabilan keterampilan serta kesiapan karyawan Kamu.

  1. Adakan Promo-Promo yang Menarik

Promosi dari mulut ke mulut adalah salah satu strategi promosi paling sederhana, namun terbukti ampuh dan tepat sasaran dari waktu ke waktu. Tentu Kamu harus bisa mendatangkan para mulut  ini terlebih dahulu agar produk Kamu dikenal. Jika mereka merasa puas dengan produknya, tentu mereka tidak akan sungkan-sungkan datang kembali, dan bahkan merekomendasikan produk Kamu ke orang lain. Kamu juga bisa melakukan promosi lainnya, bisa dengan melakukan diskon, buy one get one, bundling, dan promo lainnya sebagai cara menarik minat para pembeli.

  1. Siapkan Pelayanan yang Terbaik

Konsumen akan selalu memiliki keluhan soal makanan, suka atau tidak suka. Keluhan-keluhan tersebut bisa teratasi jika Kamu memiliki pelayanan yang ramah. Bentuk pelayanan paling sederhana yang bisa diberikan adalah seberapa sering konsumen disapa dengan ramah, seberapa banyak senyuman yang diberikan untuk konsumen, dan bagaimana Kamu menangani keluhan pelanggan.

Kemudahan produk Kamu dapat dijangkau konsumen juga termasuk nilai plus pelayanan yang dapat Kamu maksimalkan. Bukan hanya berkaitan dengan lokasi di mana bisnis makanan Kamu berada, tetapi juga seberapa mudah bisnis Kamu dapat konsumen jangkau secara digital. Karena di era serba digital orang akan mencari informasi dengan berselancar di internet.  Kamu bisa bermitra dengan layanan aplikasi ojek online seperti GO-JEK dan GRAB, karena saat ini banyak orang yang membeli makanan dengan kedua aplikasi tersebut.

  1. Evaluasi

Langkah terakhir dalam memulai sebuah bisnis adalah melakukan evaluasi. Tanpa adanya evaluasi, itu artinya sama seperti Kamu berjalan tanpa tahu arah. Jika Kamu tidak melakukan evaluasi, sudah pasti Kamu tidak akan mengetahui dimana letak kesalahan Kamu. Jangan ragu untuk merombak strategi bisnis Kamu apabila dari hasil evaluasi terdapat hasil bahwa strategi yang Kamu pakai tidak efektif dan efisien.

Perlu Kamu ingat, apapun jenis usaha yang Kamu geluti, jangan ragu untuk berinovasi. Karena jika Kamu tidak berani berinovasi, maka usaha Kamu tidak akan bisa berkembang.

Tentu untuk melakukan evaluasi Kamu perlu data, penggunaan Software toko seperti IPOS dapat mempermudah Kamu untuk mengontrol operasional usaha Kamu sehari-hari.  IPOS adalah salah satu pilihan terbaik yang akan membantu Kamu mengembangkan usaha Kamu dengan berbagai fitur lengkapnya.

Coba gratis IPOS untuk merasakan kemudahan usaha sekarang.



Baca juga
  »
2 Desember 2021
Manfaat Instagram Reels untuk Bisnis : Cara Baru untuk Promosi Bisnismu
Instagram Reels kini sudah dapat digunakan oleh pengguna Instagram di Indonesia. Fitur ini pertama kali dirilis di Indonesia pada tanggal 24 Juni 2021 lalu. Fitur terbaru Instagram ini dipercaya dapat membantu para pemilik bisnis untuk mempromosikan produknya. Menurut Robert Miller, conversion rate Instagram atau persentase pengaruh post Instagram terhadap pembelian produk yang di-post adalah sekitar 1.85%. Angka ini lebih tinggi jika dibandingkan Facebook dan Twitter. Untuk itu, penting bagi Anda untuk memahami apa itu  Instagram Reels, berikut ulasan lengkapnya.

  »
18 Oktober 2021
Contoh Pembukuan Keuangan Sederhana untuk Bisnis Anda
Contoh Pembukuan Keuangan Sederhana untuk Bisnis Anda – Pembukuan keuangan adalah patokan apakah sebuah usaha berkembang atau tidak, itulah mengapa memerhatikan pembukuan keuangan pada usaha dengan skala sekecil apapun sangat penting. Mengapa demikian? Karena selain untuk kepentingan keuangan, pembukuan juga berperan untuk mencatat setiap aktivitas bisnis yang berhubungan dengan keuangan. Termasuk dengan transaksi masuk, keluar, laba, dan rugi.

  »
18 Oktober 2021
Cara Membuat Buku Kas Sederhana dan Mudah!
Cara Membuat Buku Kas Sederhana dan Mudah – Segala hal tentang keuangan merupakan hal yang krusial. Sehingga semua harus dicatat sebaik mungkin dalam satu dokumen, salah satunya adalah buku kas. Buku kas adalah buku yang memuat informasi penting setiap perusahaan yang wajb dimiliki untuk mengetahui perkembangan keuangannya.

  »
25 September 2021
Macam Macam Roti Tawar untuk Jadi Ide Bisnis
Pada umumnya, roti tawar original disebut sebagai roti tawar putih yang terbuat dari tepung, mentega, gula, ragi, garam, dan susu. Tetapi ternyata selain roti tawar putih, terdapat banyak jenis roti tawar lain di dunia. Hanya saja, terdapat beberapa jenis roti tawar yang memerlukan bahan tambah atau mengurangi bahan yang ada. Jika Kamu berminat untuk membuka usaha bakery, maka roti tawar akan menjadi salah satu produk yang Kamu jual. Untuk menambah variasi produk bakery Kamu, maka kenali macam macam roti tawar yang populer dan sering masyarakat konsumsi.

  »
23 September 2021
Cara Promosi Jualan Online yang Wajib Dicoba!
Kamu bisa menemukan semua kebutuhan dari ujung rambut sampai ujung kaki karena saat ini adalah eranya untuk jualan online. Dengan kata lain, di Internet Kamu bisa menjual apa saja. Menerapkan cara promosi secara efektif akan mampu menarik minat pelanggan. Namun untuk mempromosi jualan online Kamu, memerlukan cara promosi yang sangat berbeda dari sekedar memasang iklan saja.