Macam Macam Roti Tawar untuk Jadi Ide Bisnis

25 September 2021

Macam macam roti tawar untuk jadi ide bisnis – Pada umumnya, roti tawar original disebut sebagai roti tawar putih yang terbuat dari tepung, mentega, gula, ragi, garam, dan susu. Tetapi ternyata selain roti tawar putih, terdapat banyak jenis roti tawar lain di dunia.

Hanya saja, terdapat beberapa jenis roti tawar yang memerlukan bahan tambah atau mengurangi bahan yang ada. Jika Kamu berminat untuk membuka usaha bakery, maka roti tawar akan menjadi salah satu produk yang Kamu jual. Untuk menambah variasi produk bakery Kamu, maka kenali macam macam roti tawar yang populer dan sering masyarakat konsumsi.

1. White Bread

Kamu sudah pasti tidak asing lagi dengan jenis roti tawar satu ini. Karena roti tawar jenis ini merupakan roti yang sering kita temui di toserba. Roti satu ini berbahan utama gandum. Karena berbahan utama gandum, roti ini memiliki tekstur lembut dan berwarna putih pekat seperti warna terigu. Roti biasanya sering dikonsumsi dengan salad, selai buah, dipanggang atau diolah menjadi menu menarik lainnya.

2. Brown Bread

Warna cokelat pada roti ini berasa dari cerealine atau lapisan sel pada sereal yang telah dikonsumsi masyarakat Ingrris sejak tahun 1845. Brown Bread memiliki tekstur yang kasar serta berwarna kegelapan menggunakan bahan utama berupa gandum utuh. Roti tawar jenis ini cocok diolah menjadi berbagai macam hidangan, namun karena Brown Bread mudah gosong, tidak disarankan untuk mengolahnya dengan cara dipanggang.

3. Multigrain Bread

Terdapat banyak jenis roti multigrain, hal ini disebabkan berbagai kombinasi biji-bijian yang dapat dijadikan untuk menjadi bahan pembuatan roti satu ini. Biji-bijian yang biasa menjadi bahan pembuatan roti multigrain di antaranya biji rami, biji labu, dan biji bunga matahari. Selain karena kandungan serat, vitamin, serta mineral yang dimiliki roti multigrain, Kamu juga dapat merasakan aroma serta rasa yang bervariasi karena berbagai biji-bijian di dalamnya.

4. Gluten-free Bread

Jika Kamu sedang melakukan diet gluten, maka roti jenis satu ini adalah pilihan terbaik untuk Kamu. Roti tanpa gluten ini tersedia dalam berbagai jenis dari berbagai macam tepung seperti tepung kentang, tepung nasi, bahkan nasi. Roti jenis ini mungkin lebih sehat daripada roti putih, tetapi perlu dketahui bahwa roti non-gluten mengandung tambahan gula. Sehingga, jika Kamu ingin mengomsumsi roti satu ini, periksalah terlebih dahulu bahan-bahan yang terkandung di dalamnya.

5. Sourdough Bread

Sourdough adalah jenis roti gandung yang menggunakan starter fermentasi untuk mengembangkan adonan roti. Starter sendiri adalah ragi yang terbuat dari tepung terfermentasi dan air yang mengandung ragi dan bakteri lactobacilli. Karena proses fermentasi inilah roti sourdough memiliki rasa masam karena efek asam laktat. Selain karena proses pembuatan yang unik, roti ini memiliki tekstur kenyal yang menambah kelezatan saat Kamu menyantapnya.

6. Pita Bread

Roti pita adalah jenis roti tawar yang berasal dari kawasan Timur Tengah. Bentuk roti ini pipih serta terbuat dari tepung terigu. Proses pembuatan roti ini adalah dengan memasaknya pada suhu tinggi dan memiliki ruang kosong seperti gelembung udara besar pada bagian tengahnya. Roti ini sedikit renyah di bagian luar tetapi lembut di bagian dalamnya. Cara memakan roti pita adalah dengan menyobeknya lalu dicocol dengan hummus. Hampir serupa dengan cara memakan roti cane. Kamu juga bisa memakannya dengan cara digulung pada kebab.

7. Ciabatta Bread

Roti tepung yang satu ini adalah salah satu jenis roti dari Italia yang populer dioleh dengan dipanggang atau menjadi sandwich dan panini. Perbedaa mendasar antara roti Italia dan roti putih Perancis ini adalah penggunaan minyak zaitun dalam bahan-bahannya. Roti Ciabatta biasanya memiliki kerak renyah berwarna cokelat muda dengan bagian tengah yang cenderung lembut.

8. Soda Bread

Roti soda adalah jenis roti tawar berbahan tepung terigu dengan campuran buttermilk. Roti ini memiliki ciri khas yaitu penggunaan soda bikarbonat sebagai pengganti ragi yang berfungsi sebagai pengembang adonan. Roti Soda juga memiliki cita rasa yang unik, mirip dengan roti sourdough yaitu rasa masam. Bedanya, pada roti soda rasa masam terbentuk karena adanya penggabungan buttermilk dan soda. Berbeda dengan beberapa roti tepung yang tidak aman untuk dipanggang, roti Soda ini aman untuk Kamu panggang di oven atau dengan memasaknya di wajan.

9. Rye Bread

Karena mengandung gandung hitam, roti jenis ini merupakan roti yang lebih sehat jika Kamu bandingkan dengan roti lain. Dibandingkan dengan roti putih misalnya, roti rye memiliki karbohidrat kompleks yang baik dan kandungan serat yang lebih tinggi. Oleh karena itulah, menyantap roti ini tidak menyebabkan lonjakan tajam kadar glukosa darah. Hal ini disebabkan karena indeks glikemiknya yang lebih rendah.

10. Swedish Crispbread

Jenis roti satu ini merupakan roti renyah dengan berbahan dasar gandung hitam Swedia. Bentuk Swedish crispbread adalah pipih kecil atau bundar tipis sekeras biscuit. Dengan serat yang tinggi, roti ini juga bisa menjadi pilihan untuk Kamu yang ingin membuat camilan lezat yang sehat serta mengenyangkan.

Penyajian roti satu ini adalah dengan memberikan topping di atasnya seperti krim keju, ikan asap, dan acar yang menyegarkan.

Setelah mengetahui macam macam roti tawar yang bisa menjadi ide bisnis Kamu jika membuka toko Bakery. Lakukan terobosan terbaru dalam pemasaran Kamu seperti penawaran diskon secara berkala untuk meningkatkan penjualan bisnis bakery Kamu. Jangan lupa untuk mencatat transaksi operasional bisnis dengan IPOS, software toko yang terintegrasi dengan akuntansi. Selain untuk pencatatan, Kamu bisa memanfaatkan semua fitur yang IPOS miliki untuk membuat laporan keuangan, cek stok opname, dan kontrol kegiatan operasional dari mana pun dan kapan pun Kamu mau.

Coba gratis IPOS sekarang!



Baca juga

18 Agustus 2022
Usaha Salon Kecantikan, Langkah Memulai dan Tips Suksesnya
Jika Anda adalah seorang wanita, kita semua mungkin sepakat bahwa kecantikan adalah sebuah kebutuhan dasar untuk menunjang penampilan Anda. Atas dasar ini, kebutuhan akan jasa mempercantik diri memiliki permintaan yang sangat tinggi dari waktu ke waktu dan membuka bisnis salon kecantikan adalah pilihan yang cukup baik jika Anda memiliki pengalaman dalam hal tersebut.

16 Agustus 2022
Salon Kecantikan : Peluang, Perkiraan Modal, dan Tipe-Tipenya
Bagi kaum perempuan, salah satu kebutuhan yang penting bagi mereka adalah terus tampil cantik. Beberapa hal pada diri mereka yang butuh perhatian khusus, di antaranya adalah kulit dan kuku mereka. Dengan demikian, banyak dari mereka yang cukup sering menghabiskan waktu untuk pergi ke salon kecantikna untuk menata dan merawat rambut mereka.

15 Agustus 2022
Franchise Klinik Kecantikan bisa Jadi Rekomendasi Bisnis
Menyadari perawatan wajah itu penting, banyak orang rela mengeluarkan biaya tidak sedikit demi penampilan sempurna. Sehingga tidak heran jika semakin hari banyak bisnsi di bidang kecantikan semakin menjamur, termasuk franchise klinik kecantikan. Sama seperti bisnis franchise lainnya, Anda akan lebih mudah mendapatkan keuntungan jika membuka klinik kecantikan yang sudah punya nama daripada memulai dari nol. Tentunya untuk mengawali Anda memerlukan modal yang cukup.

12 Agustus 2022
Pengusaha Sukses Luar Negeri ini Bisa Jadi Motivasi untuk Semangat Berbisnis!
Memulai suatu usaha seringkali menjadi sesuatu yang sulit dan terasa menakutkan. Keadaan dan rintangan yang dihadapi masing-masing individu untuk membangun usahanya pun bervariasi dan datang secara tiba-tiba. Di saat-saat kekhawatiran seperti ini muncul, Anda tentu memerlukan motivasi serta dorongan ekstra dari diri sendiri dan orang lain. Untuk mendapatkan motivasi dan semangat lebih dalam merintis usaha, yuk simak 10 sosok pengusaha sukses luar negeri lengkap dengan kisah inspiratif perjalanan usaha mereka.

12 Agustus 2022
Beda Menabung dan Investasi, Anda Prefer Mana?
Salah satu permasalahan keuangan yang sering kali menjadi perbincangan di kalangan masyarakat adalah anggapan mengenai menabung dan investasi merupakan kedua hal yang sama. Padahal anggapan tersebut adalah keliru alias tidak benar, sebab keduanya memiliki pengertian yang berbeda.