Cara Promosi Jualan Online yang Wajib Dicoba!

23 September 2021

Kamu bisa menemukan semua kebutuhan dari ujung rambut sampai ujung kaki karena saat ini adalah eranya untuk jualan online. Dengan kata lain, di Internet Kamu bisa menjual apa saja. Menerapkan cara promosi secara efektif akan mampu menarik minat pelanggan. Namun untuk mempromosi jualan online Kamu, memerlukan cara promosi yang sangat berbeda dari sekedar memasang iklan saja.

Secara umum, tujuan promosi adalah untuk meningkatkan penjualan. Namun ternyata promosi bisa menjadi upaya pengenalan produk serta upaya menciptakan ketertarikan masyarakat untuk menggunakan produk yang Kamu tawarkan.

Meskipun jualan secara online menjanjikan, Kamu tetap butuh yang namanya promosi yang tepat sasaran. Berikut beberapa cara promosi jualan online kekinian yang wajib Kamu coba!

1. Memberikan Potongan Harga/Diskon

Saat menjalankan bisnis online, sebaiknya Kamu memerhatikan harga yang ditawarkan karena harga adalah faktor utama yang mempengaruhi konsumen untuk order atau tidaknya produk.  Oleh karena itu promo potongan harga atau diskon akan selalu ditunggu. Sudah menjadi sifat konsumen untuk selalu mencari harga termurah dari produk yang akan mereka beli. Semakin murah harga yang Kamu tawarkan, semakin banyak pembeli yang akan tertarik.

Di luar negeri, sejumlah event khusus menghadirkan promo potongan harga, di antaranya yang terkenal adalah Online Revolution, Cyber Monday, dan Black Friday. Di Indonesia sendiri, momen promo yang seringkali dilakukan adalah Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas. Manfaatkan momen-momen tersebut untuk memberikan potongan harga guna mendongkrak jualan online Kamu.

2. engadakan Flash Sale

Flash Sale adalah sebuah metode menjual sebuah produk dalam waktu singkat dengan jumlah terbatas dan harga yang murah. Mungkin Kamu sudah tidak asing dengan istilah satu ini dari salah satu marketplace besar di Indonesia besar, bukan? Jenis promosi satu ini terbukti cukup efektif.

Hal ini karena pada sistem flash sale ini, produk akan dijual dalam waktu singkat dengan stok terbatas. Hal ini memicu keinginan calon konsumen untuk tidak melewatkan kesempatan langka tersebut. Alhasil, Flash sale akan akan membuat jualan online Kamu untung banyak.

3. Membebaskan Biaya Kirim Barang atau Free Ongkir

Meningkatnya e-commerce salah satunya karena mendukung kemudahan dalam pengiriman barang. Sudah banyak bisnis ekspedisi yang memberikan pelayanan terbaik mereka. Sayangnya, untuk di beberapa wilayah tarif pengiriman barang masih cukup tinggi.

Oleh karena itu, Kamu bisa memanfaatkan promo dengan membebaskan biaya kirim barang untuk menarik konsumen. Penjualan produk bisa Kamu tingkatkan dengan pendekatan bebas ongkos kirim.

4. Beli 1 Gratis 1

Cara promosi jualan online satu ini dilakukan dengan memberikan tambahan produk lain secara gratis. Bagi konsumen, mereka akan merasa senang ketika mendapatkan value tambahan. Kamu sendiri bisa menjadikan promo Beli 1 Gratis 1 ini sebagai ajang untuk memperkenalkan produk baru sambil tetap mendapatkan profit yang baik. Hal ini karena Kamu justru mampu menjual produk lebih banyak, karena sebenarnya konsumen secara tidak langsung membeli dua produk sekaligus.

5. Memberikan Gift

Jika promosi sebelumnya dengan memberikan produk sejenis secara gratis, maka promosi satu ini dilakukan dengan memberikan produk yang berbeda sebagai hadiah. Produk yang dijadikan sebagai gift bisa produk Kamu sendiri atau produk pihak lain yang sudah bekerja sama dengan bisnis Kamu.

Misalnya, ketika melakukan pembelian ponsel, konsumen Kamu akan mendapatkan softcase dan pelindung layar sebagai gift. Sebagai pemilik bisnis, Kamu bisa menerapkan cara promosi jualan online satu ini.

6. Membagikan Voucher atau Kupon Promo

Cara promosi jualan online satu ini dilakukan dengan membagikan voucher sebagai senjata untuk menarik minat konsumen. Penggunaan e-voucher di era serba digital saat ini mulai menggantikan voucher fisik. Voucher atau kupon promo dapat dibagikan melalui email atau langsung dalam aplikasi yang digunakan konsumen. Dengan beragamnya promosi yang Kamu tawarkan, apapun jenis bisnisnya akan berpotensi menaikkan pendapatan.

7. Memberikan Garansi

Konsumen merasa lebih nyaman ketika membeli suatu produk yang terdapat jaminan garansi. Jenis garansi yang bisa Kamu tawarkan sangat beragam, mulai dari keaslian barang, kualitas barang, hingga harga yang bersaing. Hal ini tentu bergantung pada jenis produk apa yang Kamu tawarkan.

Beberapa contoh kalimat promosi yang bisa Kamu gunakan di antaranya “jika kompetitor memiliki harga lebih murah, kami bayar selisihnya” untuk jenis bisnis yang menawarkan garansi harga.

8. Menawarkan Cashback

Jangan lupa untuk mengadakan cashback untuk menarik minat konsumen secara efektif. Cara promosi jualan online semacam ini terbukti sangat ampuh dalam hal mendongkrak penjualan. Pada dasarnya strategi cashback ini mirip dengan diskon, hanya saja pengembalian uang diberikan agar konsumen membeli produk lainnya. Cashback sendiri berlaku jika pembelian mengikuti syarat yang telah penjual tentukan. Biasanya mengenai tentang pembelian dengan sejumlah nominal tertentu.

9. Memberikan Tester atau Sample Produk

Ketika Kamu sedang berada di pusat perbelanjaan, pernahkan Kamu diminta untuk mencicipi suatu produk makanan? Atau ketika membeli produk kopi, Kamu mendapatkan bonus krimmer?

Cara promosi ini bertujuan untuk mengetahui reaksi konsumen dengan cara menawarkan para konsumen untuk mencicipi produk tersebut. Promosi dengan memberikan tester atau sample produk dapat diterapkan pada setiap jenis bisnis, termasuk bisnis online.

Kamu bisa melakukannya dengan menyertakan produk baru dalam kemasan kecil setiap kali pembelian agar konsumen dapat menjajal produk tersebut. Berbeda dengan Gift, cara promosi jualan online satu ini memang bertujuan untuk mengenalkan produk baru yang akan Kamu launching pada masyarakat. Jika respon konsumen pada produk tersebut cukup baik, Kamu bisa melanjutkannya dengan cara promosi lain untuk menggebrak pasar.

10. Pengumpulan Poin Rewards

Poin rewards adalah salah satu contoh cara promosi melalui customer loyalty program. Artinya, konsumen yang loyal berhak mendapatkan penawaran khusus. Cara promosi jualan satu ini bisa dilakukan di berbagai jenis bisnis.

Poin rewards akan membuat bisnis Kamu mempunyai banyak kesempatan untuk berinteraksi dengan konsumen. Konsumen akan terdorong untuk mengecek jumlah poin misalnya. Sehingga cara promosi satu ini dapat meningkatkan kedekatan Kamu dengan konsumen secara lebih intim, hal tersebut tentu bagus untuk mendongkrak penjualan bisnis Kamu.

Untuk membantu Kamu menjaga dan meningkatkan loyalitas konsumen, IPOS memiliki fitur poin pelanggan. Fitur poin pelanggan berfungsi untuk memberikan reward kepada konsumen yang berbelanja produk Kamu. Reward yang diberikan bisa berupa hadiah atau potongan harga.

Penggunaannya yang mudah tentu akan membantu Kamu dalam melakukan promosi jualan online. Sangat penting untuk membuat konsumen nyaman hingga menyukai produk, karena apabila mereka merasa puas, secara otomatis mereka akan membantu untuk promosi bisnis Kamu secara gratis.

Manfaatkan fitur poin pelanggan serta fitur-fitur lain yang IPOS miliki sekarang.



Baca juga
  »
18 Oktober 2021
Contoh Pembukuan Keuangan Sederhana untuk Bisnis Anda
Contoh Pembukuan Keuangan Sederhana untuk Bisnis Anda – Pembukuan keuangan adalah patokan apakah sebuah usaha berkembang atau tidak, itulah mengapa memerhatikan pembukuan keuangan pada usaha dengan skala sekecil apapun sangat penting. Mengapa demikian? Karena selain untuk kepentingan keuangan, pembukuan juga berperan untuk mencatat setiap aktivitas bisnis yang berhubungan dengan keuangan. Termasuk dengan transaksi masuk, keluar, laba, dan rugi.

  »
18 Oktober 2021
Cara Membuat Buku Kas Sederhana dan Mudah!
Cara Membuat Buku Kas Sederhana dan Mudah – Segala hal tentang keuangan merupakan hal yang krusial. Sehingga semua harus dicatat sebaik mungkin dalam satu dokumen, salah satunya adalah buku kas. Buku kas adalah buku yang memuat informasi penting setiap perusahaan yang wajb dimiliki untuk mengetahui perkembangan keuangannya.

  »
5 Oktober 2021
Cara Memulai Bisnis Makanan Online untuk Pemula
Usaha kuliner adalah bisnis yang menjanjikan. Karena makanan merupakan kebutuhan yang banyak dicari setiap orang serta perkembangannya yang semakin pesat. Maka tak heran banyak yang mencari cara untuk memulai usaha makanan. Sama seperti bisnis jenis lainnya, tentu Kamu harus memperhatikan strategi. Karena strategi dalam sebuah bisnis dapat membuat Kamu memperkirakan bagaimana bisnis tersebut bisa sukses di masa depan. Lalu bagaimanakah cara memulai usaha kuliner untuk pemula? Berikut beberapa tips dari Trigonal supaya Kamu dapat mendirikan usaha makanan yang sukses

  »
25 September 2021
Macam Macam Roti Tawar untuk Jadi Ide Bisnis
Pada umumnya, roti tawar original disebut sebagai roti tawar putih yang terbuat dari tepung, mentega, gula, ragi, garam, dan susu. Tetapi ternyata selain roti tawar putih, terdapat banyak jenis roti tawar lain di dunia. Hanya saja, terdapat beberapa jenis roti tawar yang memerlukan bahan tambah atau mengurangi bahan yang ada. Jika Kamu berminat untuk membuka usaha bakery, maka roti tawar akan menjadi salah satu produk yang Kamu jual. Untuk menambah variasi produk bakery Kamu, maka kenali macam macam roti tawar yang populer dan sering masyarakat konsumsi.

  »
21 September 2021
Bisnis untuk Anak Muda yang Menjanjikan
Jenis bisnis untuk anak muda yang sedang populer adalah yang berkaitan dengan kreativitas, pengalaman, dan ketelatenan. Jadi tidak hanya bergantung di bidang jasa saja. Beberapa jenis bisnis memang membutuhkan yang namanya kemampuan ekstra, terutama untuk menghitung peluang, mengatur strategi, pemasaran, distribusi, mendapat kepercayaan, dan masih banyak lagi. Tapi tidak perlu khawatir, karena Kamu masih memiliki banyak waktu luang serta kesempatan untuk berinovasi dan mempelajari hal-hal baru. Berikut ide-ide bisnis untuk Anak muda yang menjanjikan yang bisa Kamu coba.