Manfaat-Manfaat Teknologi untuk Bisnis

24 Mei 2021

Kemajuan dan perkembangan teknologi di era sekarang sudah terbukti banyak menghasilkan buah yang manis dalam dunia bisnis. Tidak bisa dipungkiri bahwa peradaban manusia kini sudah hampir menyatu dengan teknologi, sampai muncul istilah bahwa manusia modern tidak akan hidup tanpa adanya bantuan teknologi. Mengikuti fenomena perkembangan internet dan teknologi saat ini tentu menjadi salah satu hal yang penting sebab kini dunia teknologi menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan.

Berikut 5 hal yang dapat Anda lakukan bagi bisnis Anda dengan bantuan teknologi :

1. MEMPROMOSIKAN PRODUK DAN JASA

Dengan adanya media, Anda dapat memperkenalkan produk atau jasa Anda ke daerah-daerah berbeda tanpa perlu membayar biaya tiket yang mahal. Anda dapat mempromosikan produk atau jasa Anda melalui media-media tersebut melalui majalah, media sosial, spanduk, dan lain-lain. Biasanya cara paling mudah untuk mempromosikan produk atau jasa Anda adalah melalui media sosial. Setiap media sosial menawarkan harga promosi yang relatif murah dibandingkan dengan media-media offline.

2. MEMBANGUN DAN MENJAGA RELASI BISNIS

Kemajuan teknologi memungkinkan Anda melakukan komunikasi dan kerjasama jarak jauh dengan rekan bisnis, pelanggan, serta investor Anda. Anda dapat melakukan komunikasi online melalui aplikasi online messenger seperti line, whatsapp, dan telegram .Bahkan sekarang Anda dapat berkomunikasi tatap muka lewat video call seperti skype, zoom atau google meet dan melakukan meeting serta teleconference melalui web seperti Webinar.

3. MENGONTROL JALANNYA BISNIS.

Kemajuan teknologi memungkinkan Anda melakukan komunikasi jarak jauh dengan karyawan Anda. Anda dapat melakukan komunikasi online melalui aplikasi online messenger seperti line, whatsapp, dan telegram. Bahkan sekarang Anda dapat berkomunikasi tatap muka lewat video call seperti skype, zoom, atau google meet.
Untuk mengontrol jalannya bisnis, Anda bisa menggunakan program IPOS untuk bisnis Anda. Dengan program IPOS, semua transaksi penjualan, pembelian, biaya, stok, hutang piutang tercatat dengan baik. Anda bisa mengontrol semua transaksi dan laporan-laporannya jarak jauh via gadget.

4. MENGELOLA KEUANGAN PERUSAHAAN

Pengelolaan keuangan perusahaan menjadi lebih mudah dengan bantuan teknologi. Jika dulu Anda membutuhkan waktu berjam-jam di depan mesin tik untuk membuat laporan keuangan, maka sekarang Anda dapat dengan mudah membuat membuat laporan tersebut dengan microsoft office yang tersedia di komputer atau laptop. Sekarang Anda juga dapat membuat dan mengakses laporan keuangan secara cepat dan simple dengan software keuangan dan akuntansi offline maupun online.

5. MENJAGA KEAMANAN DATA

Keamanan data perusahaan semakin terjamin dengan adanya teknologi. Data yang awalnya hanya berbentuk tulisan dan mudah rusak sekarang dapat disimpan dalam bentuk file di usb, hard disk, laptop, atau komputer. Anda juga dapat mem-back up data dan menyimpannya di tempat-tempat berbeda untuk mengurangi risiko kehilangan data.

Selain menyimpan secara offline, Anda juga dapat menyimpan data Anda secara online dengan menggunakan cloud storage seperti google drive atau dropbox. Menyimpan data secara online dianggap lebih aman dan efektif karena risiko data terhapus atau dicuri orang sangat kecil. Hanya Anda yang tahu username, email, dan password akun Anda. Karena itu, Anda tidak perlu lagi khawatir akan kehilangan data.

Ketika Anda sudah mengetahui berbagai manfaat teknologi bagi bisnis Anda, maka seharusnya Anda sudah tidak ragu untuk memakai Program Ipos. Ipos dapat membantu Anda untuk mengembangkan bisnis. Kendalikan perusahaan Anda kapanpun dan dimanapun bersama IPOS sekarang.

Coba gratis IPOS di sini.



Baca juga
  »
2 Desember 2021
Manfaat Instagram Reels untuk Bisnis : Cara Baru untuk Promosi Bisnismu
Instagram Reels kini sudah dapat digunakan oleh pengguna Instagram di Indonesia. Fitur ini pertama kali dirilis di Indonesia pada tanggal 24 Juni 2021 lalu. Fitur terbaru Instagram ini dipercaya dapat membantu para pemilik bisnis untuk mempromosikan produknya. Menurut Robert Miller, conversion rate Instagram atau persentase pengaruh post Instagram terhadap pembelian produk yang di-post adalah sekitar 1.85%. Angka ini lebih tinggi jika dibandingkan Facebook dan Twitter. Untuk itu, penting bagi Anda untuk memahami apa itu  Instagram Reels, berikut ulasan lengkapnya.

  »
18 Oktober 2021
Contoh Pembukuan Keuangan Sederhana untuk Bisnis Anda
Contoh Pembukuan Keuangan Sederhana untuk Bisnis Anda – Pembukuan keuangan adalah patokan apakah sebuah usaha berkembang atau tidak, itulah mengapa memerhatikan pembukuan keuangan pada usaha dengan skala sekecil apapun sangat penting. Mengapa demikian? Karena selain untuk kepentingan keuangan, pembukuan juga berperan untuk mencatat setiap aktivitas bisnis yang berhubungan dengan keuangan. Termasuk dengan transaksi masuk, keluar, laba, dan rugi.

  »
18 Oktober 2021
Cara Membuat Buku Kas Sederhana dan Mudah!
Cara Membuat Buku Kas Sederhana dan Mudah – Segala hal tentang keuangan merupakan hal yang krusial. Sehingga semua harus dicatat sebaik mungkin dalam satu dokumen, salah satunya adalah buku kas. Buku kas adalah buku yang memuat informasi penting setiap perusahaan yang wajb dimiliki untuk mengetahui perkembangan keuangannya.

  »
5 Oktober 2021
Cara Memulai Bisnis Makanan Online untuk Pemula
Usaha kuliner adalah bisnis yang menjanjikan. Karena makanan merupakan kebutuhan yang banyak dicari setiap orang serta perkembangannya yang semakin pesat. Maka tak heran banyak yang mencari cara untuk memulai usaha makanan. Sama seperti bisnis jenis lainnya, tentu Kamu harus memperhatikan strategi. Karena strategi dalam sebuah bisnis dapat membuat Kamu memperkirakan bagaimana bisnis tersebut bisa sukses di masa depan. Lalu bagaimanakah cara memulai usaha kuliner untuk pemula? Berikut beberapa tips dari Trigonal supaya Kamu dapat mendirikan usaha makanan yang sukses

  »
25 September 2021
Macam Macam Roti Tawar untuk Jadi Ide Bisnis
Pada umumnya, roti tawar original disebut sebagai roti tawar putih yang terbuat dari tepung, mentega, gula, ragi, garam, dan susu. Tetapi ternyata selain roti tawar putih, terdapat banyak jenis roti tawar lain di dunia. Hanya saja, terdapat beberapa jenis roti tawar yang memerlukan bahan tambah atau mengurangi bahan yang ada. Jika Kamu berminat untuk membuka usaha bakery, maka roti tawar akan menjadi salah satu produk yang Kamu jual. Untuk menambah variasi produk bakery Kamu, maka kenali macam macam roti tawar yang populer dan sering masyarakat konsumsi.