Kenali Komponen Laporan Keuangan yang Wajib Anda Ketahui dan Bagaimana Cara Membuatnya

8 Mei 2021

Laporan keuangan merupakan sumber informasi yang menyangkut tentang keadaan finansial dari suatu bisnis atau sebuah perusahaan. Dalam penyusunannya tentu tidak boleh sembarangan. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa komponen laporan keuangan yang wajib dicantumkan dalam laporan yang satu ini.

Sayangnya, di luaran sana masih banyak orang yang belum mengetahui tentang seluk beluk dari laporan keuangan perusahaan. Anda termasuk salah satunya?

Tenang saja, berikut kami akan menjelaskan komponen-komponen laporan keuangan yang wajib Anda ketahui dan bagaimana cara membuatnya.

  1.  LAPORAN NERACA

Laporan Neraca adalah salah satu komponen laporan keuangan yang sangat penting dan cukup krusial. Laporan ini akan menunjukkan seberapa sehat masalah finansial yang dimiliki oleh suatu bisnis. Laporan ini mencakup 3 hal penting yang harus dilaporkan pada satu waktu tertentu. Apa sajakah itu?

a. Aset atau Harta

Aset atau harta yang dimiliki harus dilaporkan dalam laporan neraca. Secara garis besar, aset dalam sebuah bisnis dibagi menjadi dua bagian, yaitu aset berwujud dan juga aset tidak berwujud. Perbedaan antara keduanya terletak pada ada atau tidaknya bentuk fisik dari aset yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.

Contoh aset berwujud adalah persediaan barang dan piutang. Kedua hal ini termasuk aset lancar. Contoh lain seperti kendaraan dan peralatan termasuk ke dalam aset tetap.

Sedangkan contoh untuk aset tak berwujud adalah hak cipta, paten, dan lain sebagainya.

b. Liabilitas atau Kewajiban

Selain aset, di sisi lainnya harus ada dalam laporan neraca adalah liabilitas atau kewajiban. Pengertian dari liabilitas sendiri adalah sesuatu yang dimiliki bisnis namun yang dibayarkan atau dikembalikan kepada seseorang.

Ada dua hal yang harus diperhatikan terkait liabilitas ini yaitu hutang usaha dan hutang pajak. Hutang usaha merupakan kewajiban yang timbul dikarenakan adanya operasional aktivitas bisnis. Sementara hutang pajak adalah jumlah PPh terutang untuk periode tertentu di masa yang akan datang yang harus dibayar.

c. Ekuitas atau Modal

Komponen laporan keuangan terakhir yang harus ada di dalam laporan neraca ialah ekuitas atau modal. Sederhananya, ekuitas ini merupakan jumlah modal yang tersisa setelah aset digunakan untuk melunasi kewajiban. Pada sebuah perusahaan yang sudah besar, ekuitas ini biasanya akan dibagikan kepada para pemegang saham.

  1. LAPORAN LABA RUGI

Laporan pendapatan atau dikenal juga sebagai laporan laba rugi adalah laporan yang menunjukkan kinerja keuangan perusahaan dalam hall aba atau rugi bersih selama periode tertentu.

Berikut ini adalah komponen laporan keuangan yang setidaknya harus ada dalam laporan laba rugi.

a. Pendapatan

Faktor penting yang menjadi top line dalam sebuah laporan laba rugi adalah pendapatan. Apa sih pendapatan itu? Pendapatan bisa diartikan sebagai jumlah uang kas sebenarnya yang dimiliki oleh perusahaan dari berbagai aktivitas penjualan barang atau jasa itu sendiri.

Hanya saja, jumlah pendapatan yang disajikan di dalam laporan laba rugi bukanlah pendapatan kotor, melainkan pendapatan bersih. Dalam arti lain, para pelaku bisnis harus melaporkan jumlah pendapatan mereka setelah dikurangi retur penjualan, diskon, dan lain sebagainya.

b. Pengeluaran

Selain pengeluaran, komponen lainnya yang harus ada dalam laporan laba rugi ialah pengeluaran. Tentu menjadi suatu hal yang lumrah karena bisnis pasti mengeluarkan sejumlah uang atau biaya untuk berbagai aktivitas bisnis yang dijalankan, missal  biaya gaji, biaya transportasi, biaya listrik,biaya sewa, dll.

c. Gain atau keuntungan di luar aktivitas operasional bisnis

Komponen selanjutnya adalah gain atau keuntungan yang diperoleh dari aktivitas operasional di luar bisnis. Maksudnya adalah dalam beberapa kesempatan sebuah bisnis bisa saja menerima pendapatan  yang bukan berasal dari transaksi biasa. Contohnya hasil penjualan tanah dan perubahan harga pasar saham. Contoh tersebut dapat digolongkan ke dalam gain yang dalam laporan neraca laba rugi biasanya berada di Bottom Line.

d. Loss atau kerugian di luar aktivitas operasional bisnis

Selain gain, ada juga yang namanya loss atau kerugian yang bisa saja diterima dari aktivitas operasional di luar bisnis. Loss dapat terjadi ketika adanya penurunan nilai aset maupun tuntutan hukum yang akan berpengaruh pada arus kas. Sama dengan gain, loss dimasukkan ke dalam biaya lain atau biaya non-operasional.

  1. LAPORAN ARUS KAS

Komponen selanjutnya adalah laporan arus kas. Laporan ini membuat ringkasan mengenai arus kas dan masuk pada sebuah perusahaan. Beberapa komponen yang termasuk dalam laporan arus kas ini akan dijelaskan di bawah ini.

a. Aktivitas Operasi

Seluruh kegiatan yang mencakup produksi, pengiriman produk, penjualan, dan juga berbagai pembayaran termasuk ke dalam aktivitas  operasi. Beberapa hal yang menyebabkan arus kas masuk adalah penjualan barang dan jasa, penyewaan aset, penerimaan dari kas royalti, dan lainnya. Sementara untuk pembelian barang baku, biaya promosi, dan beberapa hal lainnya termasuk ke dalam arus kas keluar.

b. Aktivitas Pendanaan

Selain aktivitas operasi, komponen laporan keuangan yang harus ada di dalam laporan arus kas selanjutnya adalah aktivitas pendanaan. Semua dana masuk untuk mendukung dan membantu perusahaan untuk meningkatkan modal dan juga membayar return investor akan ditampilkan. Beberapa hal yang masuk ke dalam aktivitas pendanaan antara lain pembayaran dividen tunai, pelunasan obligasi, dan lain sebagainya.

c. Aktivitas Investasi

Komponen terakhir dalam laporan arus kas yang harus ditampilkan adalah aktivitas investasi. Pada bagian yang satu ini semua transaksi yang berhubungan dengan pembelian dan penjualan tetap, deposit, penerimaan kas dari piutang dan lainnya akan ditampilkan.

  1. LAPORAN PERUBAHAN MODAL

Laporan perubahan modal atau laporan perubahan ekuitas adalah laporan yang menunjukkan perubahan dalam ekuitas pemilik atau pemegang saham selama periode akuntansi. Terkadang laporan ini juga disebut sebagai laporan laba ditahan, atau laporan  ekuitas pemilik, yang merinci pergerakan cadangan yang membentuk ekuitas pemegang saham atau pemilik bisnis.

Dan pergerakan tersebut berasal dari komponen-komponen berikut.

  • Laba atau rugi bersih selama periode yang dilaporkan dalam laporan laba rugi.
  • Modal saham dikeluarkan atau dibayar kembali selama periode berjalan.
  • Pembayaran dividen.
  • Keuntungan atau kerugian yang diakui secara langsung dalam ekuitas.
  • e. Efek dari perubahan kebijakan akuntansi atau koreksi kesalahan akuntansi .

Setelah mengetahui komponen-komponen laporan keuangan, tentunya membuat siapapun tidak bisa lagi memandang sebelah mata terhadap hal ini. Karena tak bisa dipungkiri bahwa laporan keuangan adalah hal vital bagi setiap perusahaan untuk terus bergerak maju.

Dengan proses pembuatan laporan yang sering terjadi kesalahan, seperti salah pencatatan dan rekonsiliasi, tidak menyimpan kuitansi atau kesalahan dalam perhitungan. Banyak sekali para pemilik bisnis yang belum membuat laporan secara baik dan teratur dengan alasan tidak paham, repot hingga tidak ada waktu untuk membuatnya.

Bagaimana, sih, cara membuat laporan keuangan yang baik dan benar dengan cara lebih cepat dan praktis?

Tentu dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi kini, yaitu menggunakan software akuntansi adalah solusi yang tepat dalam memonitor keuangan tanpa perlu khawatir dengan kesalahan pada laporan sehingga dapat lebih fokus.

Program Ipos adalah salah satu software akuntansi yang bisa anda andalkan untuk menyelesaikan berbagai kesulitan dalam pembukuan maupun pembuatan laporan.

Tertarik? Yuk, coba sekarang!! Klik di sini



Baca juga
  »
2 Desember 2021
Manfaat Instagram Reels untuk Bisnis : Cara Baru untuk Promosi Bisnismu
Instagram Reels kini sudah dapat digunakan oleh pengguna Instagram di Indonesia. Fitur ini pertama kali dirilis di Indonesia pada tanggal 24 Juni 2021 lalu. Fitur terbaru Instagram ini dipercaya dapat membantu para pemilik bisnis untuk mempromosikan produknya. Menurut Robert Miller, conversion rate Instagram atau persentase pengaruh post Instagram terhadap pembelian produk yang di-post adalah sekitar 1.85%. Angka ini lebih tinggi jika dibandingkan Facebook dan Twitter. Untuk itu, penting bagi Anda untuk memahami apa itu  Instagram Reels, berikut ulasan lengkapnya.

  »
18 Oktober 2021
Contoh Pembukuan Keuangan Sederhana untuk Bisnis Anda
Contoh Pembukuan Keuangan Sederhana untuk Bisnis Anda – Pembukuan keuangan adalah patokan apakah sebuah usaha berkembang atau tidak, itulah mengapa memerhatikan pembukuan keuangan pada usaha dengan skala sekecil apapun sangat penting. Mengapa demikian? Karena selain untuk kepentingan keuangan, pembukuan juga berperan untuk mencatat setiap aktivitas bisnis yang berhubungan dengan keuangan. Termasuk dengan transaksi masuk, keluar, laba, dan rugi.

  »
18 Oktober 2021
Cara Membuat Buku Kas Sederhana dan Mudah!
Cara Membuat Buku Kas Sederhana dan Mudah – Segala hal tentang keuangan merupakan hal yang krusial. Sehingga semua harus dicatat sebaik mungkin dalam satu dokumen, salah satunya adalah buku kas. Buku kas adalah buku yang memuat informasi penting setiap perusahaan yang wajb dimiliki untuk mengetahui perkembangan keuangannya.

  »
5 Oktober 2021
Cara Memulai Bisnis Makanan Online untuk Pemula
Usaha kuliner adalah bisnis yang menjanjikan. Karena makanan merupakan kebutuhan yang banyak dicari setiap orang serta perkembangannya yang semakin pesat. Maka tak heran banyak yang mencari cara untuk memulai usaha makanan. Sama seperti bisnis jenis lainnya, tentu Kamu harus memperhatikan strategi. Karena strategi dalam sebuah bisnis dapat membuat Kamu memperkirakan bagaimana bisnis tersebut bisa sukses di masa depan. Lalu bagaimanakah cara memulai usaha kuliner untuk pemula? Berikut beberapa tips dari Trigonal supaya Kamu dapat mendirikan usaha makanan yang sukses

  »
25 September 2021
Macam Macam Roti Tawar untuk Jadi Ide Bisnis
Pada umumnya, roti tawar original disebut sebagai roti tawar putih yang terbuat dari tepung, mentega, gula, ragi, garam, dan susu. Tetapi ternyata selain roti tawar putih, terdapat banyak jenis roti tawar lain di dunia. Hanya saja, terdapat beberapa jenis roti tawar yang memerlukan bahan tambah atau mengurangi bahan yang ada. Jika Kamu berminat untuk membuka usaha bakery, maka roti tawar akan menjadi salah satu produk yang Kamu jual. Untuk menambah variasi produk bakery Kamu, maka kenali macam macam roti tawar yang populer dan sering masyarakat konsumsi.