Tips Memikat Investor untuk Kembangkan Bisnis Anda

12 Oktober 2023

Tips Memikat Investor untuk Mengembangkan Bisnis - Salah satu hal yang paling krusial adalah ketika Anda berpikiran untuk mengembangkan bisnis Anda. Entah itu memperbaiki berbagai aspek dari satu unit usaha Anda ataupun membuka lini usaha baru namun terhalang dalam segi finansial.

Dalam kasus ini, mungkin Anda harus memulai memikirkan tentang adanya investor. Investor secara harfiah diartikan sebagai perorangan atau lembaga yang melakukan suatu investasi, bentuk penanaman modal sesuai dengan jenis investasi yang dipilihnya baik dalam jangka pendek atau jangka panjang. Namun hal ini pun juga memerlukan persiapan yang matang. Karena banyaknya kesulitan yang dialami untuk mendatangkan investor dan bekerja sama dengan bisnis yang telah Anda jalankan.

Berbagai macam cara harus serta perencanaan harus dipersiapkan dengan sangat baik sebelum Anda melangkah ke depan, hal tersebut sangat perlu dilakukan untuk membuat investor semakin yakin untuk menyuntikkan dananya demi kemajuan atau jalannya bisnis Anda.

5 Tips Memikat Investor untuk Mengembangkan Bisnis

Tips Memikat Investor : Suguhkan Konsep yang Menarik

Tips memikat investor yang pertama adalah menyiapkan konsep. Menyampaikan konsep dari usaha adalah hal yang wajib Anda lakukan. Menjabarkan gambaran-gambaran serta keunikan bisnis Anda secara terperinci, serta memberitahukan tentang apa yang telah dan apa yang akan Anda lakukan ke depannya. Investor pun pasti akan lebih tertarik apabila mereka mengerti secara lebih detail dan mereka pun akan menjadikan hal ini sebagai tolok ukur tentang bagaimana persiapan Anda untuk menghadapi setiap hambarat atau pun permasalahan yang akan terjadi, optimism dan antisipasi Anda akan membuat investor lebih percaya diri untuk menanamkan modalnya kepada usaha Anda.

Tunjukkan Cash Flow yang Baik

Percayalah bahwa tidak semua investor beranai untuk berspekulasi, terlebih pada saat mereka menanamkan suntikan modal yang besar. Salah satu strategi Anda adalah dengan menciptakan cash flow atau aliran arus kas Anda telah berjalan dengan baik sebelumnya, artinya tidak minim dan tidak akan mengalami kemunduran untuk ke depannya. Dengan cash flow yang sehat dan stabil, maka investor akan percaya diri menanamkan modal di perusahaan.

Tips Memikat Investor : Tentukan Peran Investor

Sebelum mengajak investor untuk bekerjasama, pastikan Anda juga harus menelusuri terlebih dahulu apakah peran yang kepada investor. Apakah hanya sekadar pemberi modal kepada usaha Anda atau justru sebagai sarana pembangun relasi bisnis dan pemberi nasihat terhadap usaha yang telah dirintis. Sehingga Anda dapat lebih cepat menemukan calon investor yang sesuai dengan usaha serta keinginan Anda.

Jelaskan Visi dan Misi secara Rinci dan Jelas

Tips memikat investor yang terakhir adalah menyampaikan visi dan misi dari usaha Anda dengan jelas dan detail. Biasanya investor akan menanyakan apa visi dan misi dari usaha yang Anda rintis. Mereka pun akan tertarik untuk bekerjsama dengan bisnis Anda jika mereka mengetahui apa yang menjadi tujuan Anda serta goals apa yang ingin dicapai dalam menjalankan bisnis tersebut.

Tips Memikat Investor : Tunjukkan Bukti, Bukan Sekadar Janji

Investor akan lebih menghargai jika Anda menyajikan ekspektasi yang didasarkan dari bukti atau data-data yang dimiliki. Anda tidak bisa mengatakan bahwa bisnis yang dijalani akan meningkatkan dan menghasilkan keuntungan hingga 100 juta atau lainnya. Berikan hipotesi bisnis melalui data yang Anda miliki meski itu merupakan data lampau atau yang sedang terjadi. Sehingga Anda dapat memperkirakan dengan baik kelangsungan bisnis Anda yang akan terjadi. Selain data yang dimiliki sajikan juga analisis mengenai industri, kompetitor dan asumsi publik.

Dilanjutkan dengan misi yang merupakan usaha dan strategi yang Anda jalankan untuk mewujudkan misi Anda tersebut. Jabarkan dengan jelas dan berikan gambaran yang jelas di hadapan calon investor. Jika penjabaran Anda tepat, maka bersiaplah menyambut investor bagi bisnis Anda.

Jangan lupa untuk mengelola keuangan Anda karena investor sangat memerhatikan laporan keuangan suatu bisnis sebelum mereka memutuskan untuk menanam dana atau tidak.

Serahkan pengelolaan keuangan bisnis Anda bersama IPOS. Karena sebagai program toko yang sudah terintegrasi dengan akuntansi, IPOS bisa bantu Anda mendapatkan laporan keuangan dengan mudah, cepat, dan akurat dengan fitur-fitur canggih yang dimiliki.

Tertarik? Yuk, coba gratis IPOS di sini sekarang juga!



Baca juga

13 Oktober 2023
Perbedaan Komisaris dan Direktur di Perusahaan yang Harus Diketahui
Di dunia bisnis, istilah-istilah seperti “komisaris” dan “direktur” seringkali digunakan. Akan tetapi ternyata masih ada orang yang mungkin belum memahami perbedaan di antara keduanya. Padahal kedua posisi ini merupakan peran kunci dalam struktur kepemimpinan suatu perusahaan, namun memiliki tanggung jawab dan fungsi yang berbeda. Untuk memahami lebih dalam mengenai perbedaan di antara keduanya, mari kita eksplorasi bersama-sama di bawah ini.

11 Oktober 2023
Kesalahan Pemasaran Online yang Perlu Dihindari Pebisnis
Bisnis online yang sukses dimulai dengan menggunakan strategi bisnis yang paling efektif, salah satunya adalah pemasaran. Pemasaran online memiliki tingkat kompleksitas yang lumayan tinggi. Maka tidak mengherankan jika banyak pebisnis pemula yang melakukan kesalahan ketika melakukannya. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda merasa kesulitan dalam melakukan pemasaran online dan mendapatkan hasil di bawah ekspektasi Anda? Berikut ini beberapa kesalahan pemasaran online yang perlu pebisnis hindari karena siapa tahu Anda tanpa sadar melakukannya juga. Simak hingga selesai, ya!

10 Oktober 2023
Avoiding : Strategi Manajemen Selesaikan Konflik dalam Bisnis
Konflik merupakan bagian alami dari kehidupan manusia, termasuk dalam dunia bisnis. Namun konflik yang tidak dapat dikelola dengan baik dapat merusak budaya perusahaan, produktivitas, dan reputasi. Oleh karena itu, salah satu aspek penting dalam manajemen bisnis adalah kemampuan untuk mengelola konflik dengan bijak. Dalam artikel berikut, mari kita bahas mengenai Avoiding sebagai salah satu manajemen konflik yang perlu Anda ketahui sebagai pebisnis.

9 Oktober 2023
Fungsi Aplikasi Toko Offline untuk Mengoptimalkan Toko
Dalam era digital yang semakin berkembang, toko offline harus beradaptasi dengan perubahan teknologi untuk tetap bersaing dan menghadirkan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan. Salah satu alat yang penting dalam mengoptimalkan pengelolaan toko offline adalah aplikasi toko offline. Aplikasi ini memiliki berbagai fungsi yang sangat berguna untuk membantu pemilik toko retail dalam mengelola bisnis, baik dalam skala kecil maupun besar. Dalam artikel ini, berikut akan kami jelaskan beberapa fungsi aplikasi toko offline dan bagaimana aplikasi ini dapat membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis.

6 Oktober 2023
Penggunaan Hashtag dalam Strategi Marketing, Dijamin Jitu!
Penggunaan hashtag (tanda pagar) dalam strategi pemasaran telah menjadi salah satu elemen kunci dalam dunia digital saat ini. Dengan kemampuan untuk menghubungkan konten, meningkatkan visibilitas, dan membangun komunitas online, penggunaan hashtag yang cerdas dapat membantu perusahaan dan merek meningkatkan dampak kampanye mereka. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Simply Measured, postingan yang menggunakan hashtag dapat meningkatkan engagement sebesar 12,6% lebih tinggi dibandingkan dengan postingan yang tidak menggunakan hashtag. Untuk menggunakan hashtag ini sangatlah mudah, Anda tidak perlu mengeluarkan modal apapun. Lalu bagaimana dengan bisnis Anda apakah sudah menggunakan hashtag? Agar bisnis Anda maju dan tidak kalah dengan kompetitor, Anda juga harus memaksimalkannya.