Divisi Keuangan dan Akuntansi ternyata Berbeda Lho!

22 Mei 2023

Divisi Keuangan dan Akuntansi ternyata Berbeda Lho! - Dalam sebuah perusahaan, kita pastinya mengenal istilah accounting dan finance. Keduanya seringkali dianggap sama lantaran berada pada divisi yang sama yaitu keuangan. Lebih dari itu, karyawan akuntansi dan keuangan biasanya berasal dari bidang ilmu yang sama, yaitu lulusan akuntansi. Tapi apa benar keduanya sama?

Ternyata, divisi keuangan dan akuntansi sebenarnya jelas berbeda, lho! Meskipun keduanya sama-sama mengurus keuangan, tetapi divisi keuangan dan akuntansi memiliki tugas spesifik yang berbeda satu sama lain. Yuk, kita ulas bersama apa saja, sih perbedaan antara divisi keuangan dan akuntansi untuk menambah pengetahuan!

Pengertian Keuangan dan Akuntansi

Pengertian Keuangan

Keuangan menurut Ridwan dan Inge adalah ilmu dan seni dalam mengelola uang yang memengaruhi kehidupan setiap orang atau organisasi. Keuangan berhubungan dengan proses, pasar, lembaga, dan instrumen yang terlibat dalam transfer uang di antara individu maupun antara bisnis dan pemerintah.

Pengertian Akuntansi

Menurut Wikipedia, akuntansi adalah pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak, dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahan, organisasi, dan lembaga pemerintah.

Akuntansi adalah seni dalam mengukur, berkomunikasi dan menginterpretasikan aktivitas keuangan.

Tugas Divisi Keuangan dan Akuntansi

Berikut ini adalah beberapa tugas yang umumnya dilakukan oleh divisi keuangan dan akuntansi :

Tugas Divisi Keuangan

Pekerja di bagian keuangan biasanya akan lebih fokus dalam hal pencarian, pengelolaan, pengalokasian dana, serta melakukan dan menerima pembayaran perusahaan.

Pada umumnya, seorang finance berhak untuk memegang uang perusahaan, serta menerima dan mengeluarkan uang baik yang ada pada kas, bank, deposit, hingga investasi. Bagian atau divisi keuangan (finance) juga dituntut untuk mengatur kebutuhan uang kas perusahaan dan memastikan semuanya sesuai dengan pencatatan yang dilakukan bagian akuntansi.

Tugas  Divisi Akuntansi

Divisi akuntansi biasanya akan lebih fokus dalam mencatat dan melakukan ikhtisar, serta mengelompokkan semua transaksi yang terjadi dalam sebuah perusahaan. Setelah selesai melakukan pencatatan, seorang akuntan harus melakukan otorisasi di setiap departemen terkait.

Misalnya, terdapat transaksi biaya iklan, maka seorang akuntan harus melakukan otorisasi ke bagian marketing.

Setelah selesai melakukan otorisasi, akuntan harus membuat laporan keuangan dengan memeriksa dan memastikan semua transaksi telah tercatat pada akun-akun yang tepat. Laporan keuangan biasanya akan disajikan pada periode tertentu seperti akhir bulan, triwulan, semester, atau akhir tahun. Bukan hanya itu, seorang akuntan biasanya juga akan ditugaskan untuk menghitung besaran pajak yang harus dibayar perusahaan kepada Negara.

Risiko Penggabungan Tugas Divisi Keuangan dan Akuntansi

Banyak perusahaan yang masih menggabungkan antara tugas bagian keuangan dan akuntansi, terutama bagi perusahaan yang bergerak di bidang bisnis UMKM.

Hal ini karena masih kecilnya jumlah transaksi bisnis, kecilnya dana atau kas yang mengelola, dan terbatasnya untuk membayar gaji karyawan untuk tugas yang terpisah. Lalu apa saja risiko yang bisa terjadi jika Anda menggabungkan tugas divisi keuangan dan akuntansi?

Dengan menggabungkan tugas divisi keuangan dan akuntansi, Anda tidak dapat mengontrol kegiatan tersebut dengan baik, sehingga dapat meningkatkan risiko kecurangan dalam pengeluaran kas.

Misalnya, ketika bagian akuntansi ingin mengajukan pembayaran kepada bagian keuangan dan bagian akuntansi juga akan meminta dokumen pembayaran resmi dari Bank berupa rekening koran untuk memastikan pembayaran telah melakukan dalam jumlah yang sesuai dengan permintaan dan dokumen pendukungnya. Dengan begitu pengeluaran dana yang tidak sesuai dapat mengetahui dengan cepat.

Namun, jika bagian keuangan dan bagian akuntansi tidak memisahkan, maka pembayaran tagihan dapat menyalahgunakan tanpa mengetahui pihak lain. Mengapa? Karena seluruh dokumen memegang oleh orang yang sama. Kecurangan yang bisa terjadi jika kedua bagian ini digabung adalah dokumen tagihan fiktif, perubahan jumlah tagihan, penundaan pembayaran, dan lain sebagainya.

Cara Mencegah Kecurangan Penggabungan Divisi Keuangan dan Akuntansi

Bagi pengusaha kecil dan menengah, pasti akan kesulitan untuk memisahkan divisi keuangan dan bagian akuntansi. Di mana, perusahaan harus mengeluarkan uang lebih untuk memisahkan kedua bagian ini.

Untuk mencegah kecurangan dalam penggabungan kedua bagian ini, pihak manajemen atau pemilik perusahaan harus melakukan kontrol secara langsung. Lalu apa saja yang harus dilakukan pemilik untuk manajemen perusahaan?

  1. Memeriksa keaslian dan kelengkapan dokumen tagihan.
  2. Adanya pemeriksa kewajaran angka yang tercantum dalam tagihan.
  3. Adanya pemeriksa tanggal jatuh tempo tagihan.
  4. Memeriksa kebenaran nomor rekening tujuan pembayaran dalam tagihan.
  5. Memastikan dokumen pengajuan pembayaran telah sesuai dengan dokumen pendukung.
  6. Memastikan angka yang terdebit dalam rekening koran sesuai dengan dokumen pengajuan pembayaran baik dari sisi jumlah dan rekening penerima.

Dengan melakukan kontrol terhadap keuangan dan akuntansi, kecurangan dalam keuangan dapat terhindari. Konsekuensi yang harus menerima pemilik perusahaan adalah Anda harus menyisihkan banyak waktu untuk melakukan kontrol setiap saat. Hal ini tentu dapat mengganggu fokus Anda dalam mengembangkan bisnis. Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan software akuntansi yang dapat membantu Anda mengelola keuangan.

IPOS  merupakan pilihan terbaik yang dapat membantu Anda mengelola keuangan dengan mudah, cepat, aman, dan nyaman. Dengan menggunakan aplikasi toko yang sudah terintegrasi dengan akuntansi IPOS, Anda dapat memonitor seluruh aktivitas keuangan perusahaan Anda di mana pun dan kapan pun dengan koneksi internet.

Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir lagi akan terjadinya kecurangan masalah keuangan, sehingga dapat lebih fokus mengembangkan bisnis. Bersama IPOS Anda bisa kelola dan lihat perkembangan bisnis Anda kapan pun dan di mana pun secara real time. Sudah pasti performa bisnis Anda dapat terjaga dengan baik.

Coba gratis IPOS di sini.



Baca juga

13 Oktober 2023
Perbedaan Komisaris dan Direktur di Perusahaan yang Harus Diketahui
Di dunia bisnis, istilah-istilah seperti “komisaris” dan “direktur” seringkali digunakan. Akan tetapi ternyata masih ada orang yang mungkin belum memahami perbedaan di antara keduanya. Padahal kedua posisi ini merupakan peran kunci dalam struktur kepemimpinan suatu perusahaan, namun memiliki tanggung jawab dan fungsi yang berbeda. Untuk memahami lebih dalam mengenai perbedaan di antara keduanya, mari kita eksplorasi bersama-sama di bawah ini.
12 Oktober 2023
Tips Memikat Investor untuk Kembangkan Bisnis Anda
Salah satu hal yang paling krusial adalah ketika Anda berpikiran untuk mengembangkan bisnis Anda. Entah itu memperbaiki berbagai aspek dari satu unit usaha Anda ataupun membuka lini usaha baru namun terhalang dalam segi finansial. Dalam kasus ini, mungkin Anda harus memulai memikirkan tentang adanya investor. Investor secara harfiah diartikan sebagai perorangan atau lembaga yang melakukan suatu investasi, bentuk penanaman modal sesuai dengan jenis investasi yang dipilihnya baik dalam jangka pendek atau jangka panjang. Namun hal ini pun juga memerlukan persiapan yang matang. Karena banyaknya kesulitan yang dialami untuk mendatangkan investor dan bekerja sama dengan bisnis yang telah Anda jalankan. Berbagai macam cara harus serta perencanaan harus dipersiapkan dengan sangat baik sebelum Anda melangkah ke depan, hal tersebut sangat perlu dilakukan untuk membuat investor semakin yakin untuk menyuntikkan dananya demi kemajuan atau jalannya bisnis Anda.
11 Oktober 2023
Kesalahan Pemasaran Online yang Perlu Dihindari Pebisnis
Bisnis online yang sukses dimulai dengan menggunakan strategi bisnis yang paling efektif, salah satunya adalah pemasaran. Pemasaran online memiliki tingkat kompleksitas yang lumayan tinggi. Maka tidak mengherankan jika banyak pebisnis pemula yang melakukan kesalahan ketika melakukannya. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda merasa kesulitan dalam melakukan pemasaran online dan mendapatkan hasil di bawah ekspektasi Anda? Berikut ini beberapa kesalahan pemasaran online yang perlu pebisnis hindari karena siapa tahu Anda tanpa sadar melakukannya juga. Simak hingga selesai, ya!
10 Oktober 2023
Avoiding : Strategi Manajemen Selesaikan Konflik dalam Bisnis
Konflik merupakan bagian alami dari kehidupan manusia, termasuk dalam dunia bisnis. Namun konflik yang tidak dapat dikelola dengan baik dapat merusak budaya perusahaan, produktivitas, dan reputasi. Oleh karena itu, salah satu aspek penting dalam manajemen bisnis adalah kemampuan untuk mengelola konflik dengan bijak. Dalam artikel berikut, mari kita bahas mengenai Avoiding sebagai salah satu manajemen konflik yang perlu Anda ketahui sebagai pebisnis.
9 Oktober 2023
Fungsi Aplikasi Toko Offline untuk Mengoptimalkan Toko
Dalam era digital yang semakin berkembang, toko offline harus beradaptasi dengan perubahan teknologi untuk tetap bersaing dan menghadirkan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan. Salah satu alat yang penting dalam mengoptimalkan pengelolaan toko offline adalah aplikasi toko offline. Aplikasi ini memiliki berbagai fungsi yang sangat berguna untuk membantu pemilik toko retail dalam mengelola bisnis, baik dalam skala kecil maupun besar. Dalam artikel ini, berikut akan kami jelaskan beberapa fungsi aplikasi toko offline dan bagaimana aplikasi ini dapat membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis.