Peran Divisi Keuangan untuk Pembuatan Business Plan

23 Mei 2023

Peran Divisi Keuangan untuk Pembuatan Business Plan - Setiap badan usaha baik kecil maupun besar tentunya memiliki divisi khusus yang menangani masalah pengelolaan keuangan. Divisi keuangan merupakan salah satu bagian vital yang penting dalam suatu badan usaha untuk mengelola, menyajikan serta melaporkan semua masalah keuangan perusahaan. Divisi keuangan memiliki banyak peran penting bagi perusahaan seperti pengelolaan arus kas, pembiayaan, perpajakan, utang piutang hingga pembuatan business plan. Salah satu peran divisi keuangan yang penting adalah pembuatan business plan bagi keberlangsungan hidup perusahaan.

Divisi keuangan akan menentukan bagaimana perencanaan keuangan yang baik sebagai modal awal dalam pembuatan business plan.

Business plan sendiri merupakan sebuah perencanaan bisnis yang dibuat oleh manajemen perusahaan agar usaha yang dijalankan dapat berkembang, terarah  dan menguntungkan di masa mendatang. Business plan biasanya hanya bersifat konseptual yang meliputi kata dan angka untuk memperhitungkan perkiraan kedepannya.

Berikut ini peran divisi keuangan dalam pembuatan business plan yang baik untuk perusahaan yang perlu Anda ketahui.

Peran Divisi Keuangan dalam Pembuatan Business Plan

Proyeksi Keuangan

Divisi keuangan bertanggung jawab untuk mengembangkan proyeksi keuangan yang realistis untuk business plan. Mereka akan menganalisis data historis, tren pasar, dan perkiraan industri untuk merumuskan proyeksi pendapatan, biaya, dan arus kas yang akurat.

Proyeksi ini akan membantu dalam mengevaluasi kelayajan keuangan rencana bisnis dan memberikan perkiraan tentang seberapa cepat bisnis dapat menghasilkan laba atau mencapai titik impas.

Peran Divisi Keuangan untuk Analisis Investasi

Divisi keuangan akan melakukan analisis investasi terhadap rencana bisnis yang diajukan. Mereka akan mengevaluasi pengembalian investasi yang diharapkan, risiko yang terkait, dan waktu pengembalian modal. Dengan menggunakan metode evaluasi investasi seperti Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), dan Payback Period, divisi keuangan dapat membantu dalam menentukan apakah proyek bisnis tersebut layak untuk dikejar atau tidak.

Peran Divisi Keuangan sebagai Sumber Pendanaan

Salah satu hal penting yang dilakukan divisi keuangan adalah mengidentifikasi dan mengevaluasi opsi pendanaan yang mungkin untuk mendukung rencana bisnis. Mereka akan menilai kebutuhan modal, mencari sumber pendanaan eksternal seperti pinjaman bank, penerbitan saham, dan modal ventura.

Divisi keuangan juga akan mengevaluasi implikasi dari penggunaan sumber pendanaan yang berbeda terhadap struktur modal, biaya modal, dan dampaknya terhadap nilai perusahaan.

Analisis Risiko Keuangan

Divisi keuangan akan melakukan analisis risiko keuangan terhadap business plan. Mereka akan mengidentifikasi risiko yang mungkin timbul. Seperti fluktuasi pasar, perubahan regulasi, atau risiko keuangan lainnya. Dengan memahami risiko ini, divisi keuangan dapat mengembangkan strategi mitigasi yang tepat, seperti cadangan dana darurat, asuransi, atau instrumen keuangan lainnya untuk melindungi perusahaan dari dampak yang merugikan.

Peran Divisi Keuangan dalam Pengawasan dan Pemantauan

Setelah business plan disetujui dan diimplementasikan, divisi keuangan akan memainkan peranan penting dalam pengawasan dan pemantauan kinerja keuangan bisnis. Mereka akan melacak pencapaian terhadap proyeksi keuangan, menganalisis laporan keuangan rutin, dan memberikan informasi kepada manajemen tentang kinerja bisnis secara finansial. Divisi keuangan juga akan terus memperbarui dan merevisi business plan sesuai dengan perubahan kondisi.

Itu dia kelima peran divisi keuangan dalam pembuatan business plan yang perlu Anda ketahui. Memiliki business plan sama halnya dengan memiliki sebuah perencanaan keuangan. Untuk memudahkan penghitungan keuangan dalam perencanaan Anda bisa mulai dengan menggunakan IPOS.

IPOS dilengkapi dengan laporan keuangan, fitur pencatatan, dan kontrol stok yang sangat berguna dalam pengoperasionalan bisnis sehari-hari.

Miliki kemitraan keuangan handal dengan IPOS, dan coba gratis IPOS di sini sekarang juga!



Baca juga

13 Oktober 2023
Perbedaan Komisaris dan Direktur di Perusahaan yang Harus Diketahui
Di dunia bisnis, istilah-istilah seperti “komisaris” dan “direktur” seringkali digunakan. Akan tetapi ternyata masih ada orang yang mungkin belum memahami perbedaan di antara keduanya. Padahal kedua posisi ini merupakan peran kunci dalam struktur kepemimpinan suatu perusahaan, namun memiliki tanggung jawab dan fungsi yang berbeda. Untuk memahami lebih dalam mengenai perbedaan di antara keduanya, mari kita eksplorasi bersama-sama di bawah ini.
12 Oktober 2023
Tips Memikat Investor untuk Kembangkan Bisnis Anda
Salah satu hal yang paling krusial adalah ketika Anda berpikiran untuk mengembangkan bisnis Anda. Entah itu memperbaiki berbagai aspek dari satu unit usaha Anda ataupun membuka lini usaha baru namun terhalang dalam segi finansial. Dalam kasus ini, mungkin Anda harus memulai memikirkan tentang adanya investor. Investor secara harfiah diartikan sebagai perorangan atau lembaga yang melakukan suatu investasi, bentuk penanaman modal sesuai dengan jenis investasi yang dipilihnya baik dalam jangka pendek atau jangka panjang. Namun hal ini pun juga memerlukan persiapan yang matang. Karena banyaknya kesulitan yang dialami untuk mendatangkan investor dan bekerja sama dengan bisnis yang telah Anda jalankan. Berbagai macam cara harus serta perencanaan harus dipersiapkan dengan sangat baik sebelum Anda melangkah ke depan, hal tersebut sangat perlu dilakukan untuk membuat investor semakin yakin untuk menyuntikkan dananya demi kemajuan atau jalannya bisnis Anda.
11 Oktober 2023
Kesalahan Pemasaran Online yang Perlu Dihindari Pebisnis
Bisnis online yang sukses dimulai dengan menggunakan strategi bisnis yang paling efektif, salah satunya adalah pemasaran. Pemasaran online memiliki tingkat kompleksitas yang lumayan tinggi. Maka tidak mengherankan jika banyak pebisnis pemula yang melakukan kesalahan ketika melakukannya. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda merasa kesulitan dalam melakukan pemasaran online dan mendapatkan hasil di bawah ekspektasi Anda? Berikut ini beberapa kesalahan pemasaran online yang perlu pebisnis hindari karena siapa tahu Anda tanpa sadar melakukannya juga. Simak hingga selesai, ya!
10 Oktober 2023
Avoiding : Strategi Manajemen Selesaikan Konflik dalam Bisnis
Konflik merupakan bagian alami dari kehidupan manusia, termasuk dalam dunia bisnis. Namun konflik yang tidak dapat dikelola dengan baik dapat merusak budaya perusahaan, produktivitas, dan reputasi. Oleh karena itu, salah satu aspek penting dalam manajemen bisnis adalah kemampuan untuk mengelola konflik dengan bijak. Dalam artikel berikut, mari kita bahas mengenai Avoiding sebagai salah satu manajemen konflik yang perlu Anda ketahui sebagai pebisnis.
9 Oktober 2023
Fungsi Aplikasi Toko Offline untuk Mengoptimalkan Toko
Dalam era digital yang semakin berkembang, toko offline harus beradaptasi dengan perubahan teknologi untuk tetap bersaing dan menghadirkan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan. Salah satu alat yang penting dalam mengoptimalkan pengelolaan toko offline adalah aplikasi toko offline. Aplikasi ini memiliki berbagai fungsi yang sangat berguna untuk membantu pemilik toko retail dalam mengelola bisnis, baik dalam skala kecil maupun besar. Dalam artikel ini, berikut akan kami jelaskan beberapa fungsi aplikasi toko offline dan bagaimana aplikasi ini dapat membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis.