Pendapatan Pasif Bisa Dimanfaatkan untuk Modal Bisnis, Lho!

28 September 2022

Pendapatan Pasif Bisa Dimanfaatkan untuk Modal Bisnis UKM, Lho! - Pada dasarnya, ada beberapa jenis sumber pendapatan. Di antaranya adalah pendapatan super aktif, pendapatan aktif, dan pendapatan pasif.

Ketahui lebih lengkap tentang ketiga jenis sumber pendapatan, dan bagaimana cara mudah mendapatkan pendapatan pasif. Dewasa ini, seseorang tidak lagi dimungkinkan hanya mengandalkan pendapatan aktif untuk memenuhi kebutuhan masa kini dan masa mendatang. Oleh karena itu, sudah saatnya Anda untuk mulai memiliki pendapatan pasif dan memanfaatkannya untuk menjadi modal bisnis Anda.

Pengertian Pendapatan Pasif

Passive income merupakan sumber pendapatan yang sama sekali tidak membutuhkan kerja keras Anda. Berbeda dengan active income, pendapatan pasif merupakan pendapatan yang dihasilkan dari pekerjaan pasif.

Anda sebagai pemilik rumah kos yang mendapatkan pendapatan pasif dari kos-kosan atau Anda sebagai penulis buku yang mendapat royalti atas penjualan buku dan lain sebagainya. Kedua hal tersebut merupakan contoh dari pendapatan pasif.

Cara Menghasilkan Pendapatan Pasif

Seiring perkembangan zaman, seseorang tidak lagi dimungkinkan hanya mengandalkan pendapatan aktif saja untuk memenuhi kebutuhannya di masa kini dan yang akan datang. Maka dari itu, sudah saatnya Anda memikirkan cara untuk menghasilkan pendapatan pasif.

Tahukah Anda bahwa pendapatan pasif juga ternyata bisa menjadi sumber dana modal bisnis Anda? Lalu bagaimanakah cara menghasilkan pendapatan pasif? Berikut ini macam-macam investasi jangka pendek yang bisa menjadi sumber dana pendapatan pasif Anda.

Tabungan

Tabungan merupakan salah satu bentuk investasi yang sangat sederhana dan fleksibel. Anda sendiri yang menentukan besaran setoran, kapan menyetornya, dan periode simpanannya. Namun karena Anda menggunakan tabungan sebagai investasi, maka Anda harus lebih disiplin dalam melakukan penyetoran.

Anda dapat membuka rekening tabungan berjangka. Dengan adanya layanan auto debit dalam tabungan berjangka maka tujuan menabung dapat lebih mudah tercapai. Selain itu, keuntungan yang bisa Anda peroleh adalah suku bunga yang lebih tinggi daripada tabungan biasa.

Adanya opsi asuransi dari bank juga membantu apabila terjadi kecelakaan pada diri Anda sehingga setoran terhadap rekening Anda tidak akan terputus. Ditambah, tabungan Anda dijamin oleh Lembaga Penjamin. Simpanan sehingga Anda tidak perlu khawatir apabila bank mengalami kebangkrutan atau dilikuidasi.

Surat Berharga

Menabung di surat berharga baik itu saham maupun obligasi merupakan salah satu investasi yang tepat dan terbukti menguntungkan. Tentu saja saham atau obligasi yang akan Anda beli adalah yang terbukti sehat. Anda dapat melakukan investasi ini melalui perusahaan-perusahaan sekuritas ataupun melalui bank. Anda juga dapat menentukan apakah Anda menginginkan manfaat dalam jangka menengah atau pun jangka panjang.

Namun karena tujuan Anda adalah untuk modal bisnis, Anda dapat memilih jangka waktu menengah yaitu di bawah 5 tahun. Salah satu surat berharga yang dapat Anda beli adalah Obligasi Ritel Indonesia (ORI), yaitu obligasi yang dikeluarga oleh pemerintah untuk biaya pembangunan.

Surat berharga ini dapat dibeli di bank atau perusahaan sekuritas yang ditunjuk oleh pemerintah. Anda cukup membuka rekening di agen penjual dan menyetorkan sejumlah yang ingin Anda investasikan. Likuiditasnya pun cukup baik karena Anda dapat menjualnya sewaktu-waktu di pasar sekunder. Selain itu, ORI juga merupakan salah satu bentuk investasi yang aman karena dijamin oleh pemerintah.

Reksadana

Anda dapat memanfaatkan reksadana untuk sebagai saran “penggandaan” uang untuk modall bisnis dengan menggunakan reksadana berjangka waktu pendek. Contohnya adalah reksadana pasar uang. Caranya pun cukup mudah karena cukup banyak lembaga keuangan yang menjual reksadana. Bahkan kini mulai bermunculan platform reksadana online.

Sesuai dengan namanya, reksadana pasar uang berkutat hanya di pasar uang sehingga cenderung lebih aman dari jenis reksadana lainnya. Reksadana ini memiliki beberapa keunggulan. Pertama, Anda tidak perlu secara aktif merawat investasi Anda. Tugas itu akan dijalankan oleh seorang Manajer Investasi. Oleh karena itu, tugas Anda hanyalah teliti memilih Manajer Investasi yang cakap mengelola investasi Anda.

Kedua, keuntungan yang lebih tinggi dari deposito. Suku bunga deposito sudah ditentukan sejak awal, sedangkan dalam reksadana pasar uang perputaran uang tidak hanya berpusat pada satu jenis produk investasi tertentu saja. Ketiga, jangka waktu fleksibel. Dalam reksadana pasar uang memungkinkan bagi Anda untuk menarik dana kapan pun Anda membutuhkan. Proses pencairannya pun mudah yang kini bisa dilakukan secara online.

Namun di balik keuntungan tersebut, juga terdapat beberapa kekurangan yaitu nilai return yang tidak pasti akibat fluktuasi pasar. Meskipun demikian, reksadana masih memiliki tingkat risiko yang lebih kecil, sehingga meskipun Anda mengalami kerugian Anda tidak akan jatuh miskin karenanya.

Kelola Keuangan Bisnis dan Pendapatan Pasif Lebih Mudah Dengan IPOS

Untuk membantu Anda dalam mengelola keuangan bisnis, membuat laporan keuangan yang lengkap dan akurat,  Anda bisa gunakan IPOS.

Dengan menggunakan software IPOS, Anda dapat menghemat waktu dan tenaga dalam mengelola keuangan bisnis. IPOS dapat membantu kegiatan akuntansi bisnis Anda seperti pembukuan, ketersediaan stok barang, dan lain sebagainya. Setelah menentukan cara mendapatkan pendapatan pasif Anda, kini waktunya merasakan manfaat fitur-fitur IPOS untuk bantu bisnis Anda.

Coba gratis IPOS di sini.



Baca juga

2 Desember 2022
APAKAH MUDAH MELAKUKAN FRANCHISE BISNIS F&B? SIMAK JAWABANNYA
Industri kuliner, atau Food & Beverages (F&B) di Indonesia memang sangat menjanjikan. Setiap kali kita berkunjung ke pusat perbelanjaan atau ruko-ruko, dapat ditemukan berbagai brand F&B bertebaran. Tak jarang pula ditemukan antrian panjang untuk suatu produk yang sedang hits. Tahukah Anda? Indonesia dengan populasi middle classnya memang menjadi pasar yang sangat menguntungkan untuk industri F&B, apalagi promosinya dapat memanfaatkan teknologi, yaitu dengan sosial media.

1 Desember 2022
5 Hal Penting yang Perlu Anda Putuskan Sebelum Memulai Bisnis
Membangun sebuah bisnis tidak bisa asal-asalan, harus ada persiapan matang agar usaha yang dibangun bisa berjalan dengan lancar. Saat ada hambatan pun bisa dilalui dengan baik. Salah satu yang harus disiapkan ketika ingin memulai sebuah bisnis adalah analisa dahulu usaha tersebut. Mulai dari peluang, kelebihan, kekurangan, dan cara mempertahankannya. Dalam waktu bersamaan, menjadi seorang pebisnis adalah hal yang paling mengasyikkan sekaligus menakutkan, memuaskan namun juga membuat frustrasi, menggembirakan tapi menguras energi. Apabila Anda berencana untuk memulai sebuah usaha, terdapat beberapa hal yang perlu diputuskan secara matang sebelum memutuskan menjadi seorang pebisnis.

30 November 2022
Akuntansi Biaya : Pengertian, Tujuan, dan Fungsinya
Akuntansi Biaya berdasarkan pengertian umumnya, biaya dapat diartikan sebagai seluruh pengeluaran perusahaan atau organisasi. Dimana pengeluaran tersebut teralokasikan semata untuk memenuhi tujuan atau target usaha. Sementara menurut makna secara khusus, biaya adalah bagian dari strategi penetapan harga produk yang dikeluarkan untuk mendapatkan pendapatan atau penghasilan. Berdasarkan kedua pengertian biaya di atas, maka akuntansi biaya memiliki pengertian sebagai suatu proses pencatatan keuangan yang terdapat penggolongan dan peringkasan atas suatu biaya produksi, penjualan produk ataupun jasa menggunakan suatu cara tertentu lengkap dengan penjelasannya.

29 November 2022
Cara Menjadi Agen Frozen Food untuk Pemula, Catat!
Siapa yang tidak suka frozen food? Makanan beku yang praktis diolah ini kini menjadi kesukaan sebagian besar orang. Karena tingginya minat masyarakat akan frozen food, semakin banyak agen frozen food bermunculan menawarkan beragam variasi makanan beku untuk memenuhi kulkas. Apakah Anda tertarik menjadi salah satu agen frozen food? Ada baiknya Anda menyimak artikel satu ini karena akan ada informasi mengenai frozen food baik dari kelebihan dan kekurangan dan tentunya 6 cara menjadi agen frozen food agar cuan!

28 November 2022
Peran Utama Akuntansi untuk Perusahaan, Anda Wajib Tahu
Peran akuntansi pada sebuah perusahaan tentu sangat diperlukan karena jika mengingat bahwa semua perusahaan pasti membutuhkan pengolahan data yang akurat serta dapat menunjang bisnisnya. Laporan akuntansi digunakan sebagai sumber informasi utama pengambilan keputusan oleh pihak-pihak yang berkepentingan. Informasi lain pun juga pastinya sangat diperlukan dalam pengambilan suatu keputusan pada perusahaan. Informasi-informasi tersebut akan ditampung menjadi satu, kemudian dianalisis pada akhirnya pun akan digunakan sebagai dasar dalam pengambilan suatu keputusan