Tips Bisnis Properti ini Bisa Buat Anda jadi Sukses

27 September 2022

Tips Bisnis Properti ini Bisa Buat Anda jadi Sukses - Tempat tinggal atau rumah adalah kebutuhan primer bagi manusia dan harus dipenuhi untuk hidup. Dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk, kebutuhan akan tempat tinggal pun semakin meningkat. Bisnis properti juga semakin menjamur untuk mengimbangi kebutuhan masyarakat akan lahan dan tempat tinggal.

Menyadari bahwa bisnis properti semakin berkembang dan menguntungkan, mungkin saja pernah terbesit di benak Anda untuk mencoba usaha di bisnis properti. Namun, kebanyakan orang berpikir bahwa untuk memulai bisnis properti membutuhkan modal besar sehingga membuat mereka mengurungkan niat.

Bisnis properti memang terkesan rumit dengan segala aspek hukum dan bisnis yang saling terhubung. Namun bukan berarti Anda tidak bisa mempelajarinya. Banyak contoh pengusaha properti yang belajar sambil menjalankan bisnisnya. Jadi, bisnis properti bukanlah momok yang menakutkan bagi orang awam sekalipun. Bagi Anda yang ingin mencoba untuk memulai bisnis properti, simak beberapa tipsnya berikut ini!

8 Tips Bisnis Properti yang Bisa Dilakukan

Tips Tentukan Jenis Bisnis Properti

Tips bisnis properti yang pertama adalah menentukan dahulu jenis bisnis properti Anda. Saat ini sudah ada banyak jenis bisnis properti yang bisa Anda geluti. Mulai dari apartemen, rumah tapak, ruko, maupun gedung perkantoran. Masing-masing jenis bisnis ini memiliki konsekuensinya masing-masing.

Anda juga perlu menentukan apakah Anda hanya ingin berinvestasi modal, membeli untuk dijual kembali, atau membeli untuk disewakan. Apabila Anda hanya ingin berinvestasi modal, maka pekerjaan rumah Anda akan lebih sedikit. Apabila Anda ingin membeli untuk dijual kembali maka Anda bisa tentukan terlebih dahulu ingin mendulang keuntungan dalam jangka panjang atau jangka pendek. Dan apabila Anda menginginkan keuntungan jangka panjang maka rumah tapak bisa menjadi pilihan. Namun untuk keuntungan jangka pendek, apartemen masih menjadi pilihan terbaik.

Selain itu, ada juga hal yang perlu diperhatikan. Memang rumah tapak memiliki sesuatu yang tidak memiliki oleh apartemen, yaitu tanah. Namun hal ini tidak serta merta membuat rumah tapak selalu lebih menguntungkan. Meskipun harga tanah memang dikenal selalu meningkat, namun masih ada beberapa faktor yang menentukannya. Salah satunya adalah lokasi tanah tersebut. Apabila terjadi pembangunan yang membuat lokasi tanah tersebut semakin strategis, maka tentu saja peningkatan harganya bisa sangat signifikan. Namun apabila lokasinya jauh dari pembangunan, maka peningkatan harganya pun akan sedikit dan lama.

Tetapkan Target Pasar Anda

Tentunya Anda tidak ingin mendirikan bisnis properti yang tidak memiliki pembeli bukan? Maka dari itu Anda perlu melakukan tips bisnis properti satu ini. Penentuan target pasar akan sangat memengaruhi segala keputusan Anda selanjutnya. Pertanyaan utama untuk menentukan target pasar Anda adalah siapa yang menjadi pembeli Anda. Apakah pemilik rumah pertama? Apakah untuk generasi milenial? Untuk keluarga? Untuk usaha startup? Atau untuk perusahaan-perusahaan besar?

Pertanyaan-pertanyaan ini dapat membantu Anda merumuskan target pasar dengan lebih optimal. Dengan menjawab pertayaan-pertanyaan semacam itu, produk Anda pun akan lebih mudah untuk dipasarkan. Kemungkinan untuk menanggung kerugian juga dapat diminimalisir. Tentu Anda tidak ingin bisnis properti Anda menanggung kerugian bukan?

Seperti yang sudah disebutkan di awal, untuk pasar dengan target laki-laki dan perempuan karier berusia 35 tahun ke atas mungkin sudah diisi oleh banyak pemain. Jadi, Anda bisa menyasar pad akaum milenial yang merupakan pasar yang cukup potensial. Untuk menarget milenial, tentu saja membutuhkan strategi khusus.

Milenial yang kebanyakan diisi oleh angkatan kerja baru tentu saja memiliki keterbatasan dalam hal biaya. Jadi, Anda bisa menyesuaikan dengan spesifikasi produk yang ingin ditawarkan, sekaligus skema pembayaran. Kebanyakan milenial pun adalah pembeli rumah pertama, sehingga Anda sebaiknya mengajak kerja sama berbagai lembaga keuangan yang menyediakan pembayaran secara cicilan.

Tips Bisnis Properti, Pantau Harga Properti Terbaik

Apabila Anda hanya ingin membeli untuk dijual, maka penting untuk memantau harga terlebih dahulu.  Memantau harga properti juga merupakan tips bisnis properti yang harus Anda lakukan. Hal ini penting dilakukan untuk menentukan apakah suatu pasar benar-benar menguntungkan atau tidak. Satu hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu apabila suatu bidang bisnis properti diisi oleh pemain, maka itu memiliki dua arti. Pertama, bidang tersebut memang menguntungkan. Kedua, bidang tersebut memiliki banyak kompetitor.

Dengan memantau harga properti ini pun bisa dilakukan dengan berbagai cara. Anda bisa menggunakna internet untuk mencari informasi soal harga properti di bidang yang  Anda inginkan. Tips bisnis properti satu ini bisa memulainya dengan melihat iklan-iklan di koran untuk mendapatkan rata-rata harga. Anda juga bisa bertanya dengan orang-orang yang memang berpengalaman untuk mengetahui properti apa yang sedang naik dan properti apa yang sedang turun.

Anda juga bisa menentukan waktu yang paling tepat untuk melakukan pembelian dan penjualan. Mengingat harga properti juga bergantung pada lokasi, maka tentukan lokasi terbaik untuk berinvestasi. Semakin strategis lokasinya maka semakin tinggi pula harganya. Informasi ini tentu akan sangat berharga karena menentukan berapa jumlah modal yang Anda perlukan.

Tawarkan ke Orang Terdekat

Setelah Anda sudah memiliki perencanaan yang matang dengan tips bisnis properti selanjutnya, maka saatnya untuk mengeksekusi rencana tersebut. Salah satu langkah pengeksekusiannya adalah dengan mulai coba untuk menawarkan ke orang-orang terdekat terlebih dahulu. Dengan demikian, Anda bisa menerima opini yang bisa membantu Anda dalam menentukan harga jual.

Selain menawarkan produk dan meminta opini, Anda juga bisa mengajak kerjasama orang-orang terdekat. Apabila Anda memang dikenal memiliki reputasi dan etos kerja yang baik, maka bukan tidak mungkin orang terdekat menjadi rekan Anda. Bahkan bisa saja mereka menjadi pemodal utama bisnis properti Anda. Tips bisnis properti ini bisa membuat mereka membantu pemasaran produk dengan menawarkannya ke lingkungan pergaulan mereka masing-masing.

Tips Bisnis Properti : Manfaatkan Internet

Internet akan sangat berguna bagi Anda yang ingin mendirikan bisnis. Apapun bisnis yang ingin Anda dirikan, penting untuk mengakrabkan diri dengan internet terlebih dahulu. Di internet, Anda bisa menemukan informasi-informasi berharga untuk merumuskan business plan, sekaligus membantu memasarkan produk Anda.

Beruntung saat ini sudah tersedia banyak informasi yang bisa Anda dapatkan dari internet. Anda juga bisa menyajikan banyak informasi di internet. Jadi Anda bisa mengiklankan bisnis Anda melalui internet karena ada banyak situs yang menyediakan marketplace untuk menjualkan properti Anda. Dengan begitu, Anda dapat memotong berbagai biaya-biaya middlemen seperti real estate agent.

Atur Skema Pembayaran yang Digunakan

Dalam menjual produk Anda, maka penting untuk memperhatikan skema pembayaran yang bisa Anda tawarkan kepada konsumen. Jadi, konsumen memiliki cukup kebebasan dan fleksibilitas agar bisa membeli produk Anda. Setidaknya ada tiga skema pembayaran yang biasa digunakan dalam bisnis properti. Hard cash atau tunai, cicilan ke pengembang, dan kredit ke bank.

Dari masing-masing skema pembayaran ini, Anda bisa menerapkan harga dan promosinya masing-masing. Misalnya saja dengan menetapkan potongan harga sehingga 10% bagi pembeli yang membayar secara tunai. Anda juga bisa menetapkan batas cicilan hingga 60 kali bagi ingin melakukan pembayaran secara bertahap.

Selain itu, Anda juga bisa menetapkan harga yang berbeda bagi pembeli pertama. Hal ini akan sangat baik untuk menghasilkan buzz yang diperlukan untuk mempromosikan produk Anda. Strategi ini pun dilakukan oleh hampir semua pengembang, dari yang besar hingga yang kecil. Masing-masing pengembang pun memiliki nama-nama yang berbeda-beda untuk menyebut promosi semacam ini. Salah satu nama yang populer digunakan adalah early bird price.

Tingkatkan Citra Brand Anda

Selain bermanfaat untuk riset, internet juga baik untuk pemasaran. Oleh karena itu, penting kiranya untuk memerhatikan brand bisnis Anda. Mengingat bisnis properti melibatkan uang jutaan hingga milyaran rupiah, sehingga bisnis ini sangat bergantung pada kepercayaan.

Anda bisa mulai memupuk kepercayaan konsumen sejak awal dengan memperhatikan brand Anda. Kebanyakan konsumen sudah lelah dengan para penjual yang memasarkan segala macam produk. Jadi, banyak konsumen yang lari apabila terus dikejar. Namun apabila brand Anda memiliki citra yang baik, maka konsumen pun sudah tertarik lebih dahulu bahkan sebelum Anda melakukan penawaran.

Dalam membangun citra brand yang baik tentu tidaklah mudah. Diperlukan usaha keras yang konsisten agar bisa mempersembahkan produk yang selalu berkualitas. Salah sau cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan over delivery. Misalnya Anda menjanjikan serah terima dalam waktu tujuh bulan. Maka upayakan semaksimalkan mungkin agar serah terima sudha bisa dilakukan dalam waktu di bawah itu. Mungkin bisa enam bulan, atau bahkan lima bulan. Namun tentu saja kualitas produk yang Anda serahkan tidak boleh berkurang sedikitpun dari yang diperjanjikan.

Rekrut Karyawan untuk Membantu Anda

Semakin besar bisnis properti, maka semakin mustahil untuk menjalankannya seorang diri. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk melakukan tips bisnis properti yang terakhir ini. Dengan merekrut karyawan baru, Anda bisa mengembangkan bisnis Anda. Tentunya dalam melakukan hal ini Anda perlu memerhatikan berbagai hal.

Pastinya, Anda perlu memerhatikan kompetensi dan keahlian sesuai dengan posisi yang Anda butuhkan. Apabila orang yang Anda rekrut tidak kompeten, maka hanya akan mengganggu kelancaran bisnis Anda saja. Selain itu, Anda perlu memperhatikan kesesuaian visi antara karyawan dengan bisnis Anda. Apabila karyawan yang Anda rekrut tidak memiliki visi yang sama, maka ia tidak akan mampu melaksanakan tugas-tugasnya dengan bersungguh-sungguh.

Tugas yang tidak dilakukan dengan bersungguh-sungguh tentu saja tidak akan membuahkan hasil yang optimal. Mengingat bisnis properti diisi oleh banyak pemain, maka hasil kerja yang kurang optimal bisa mengancam posisi bisnis Anda di tengah para kompetitor.

Itu dia delapan tips bisnis properti yang perlu Anda lakukan untuk mempersiapkan business plan yang matang, dan pengeksekusian yang mantap. Apabila bisnis properti terasa sangat besar hingga Anda ragu untuk memulai, Anda bisa memulai dari hal-hal kecil terlebih dahulu.

Jangan takut untuk memulai, Anda bisa mengandalkan IPOS untuk bantu operasional bisnis properti dengan segala fitur-fitur keren yang IPOS punya!

Coba gratis IPOS di sini.



Baca juga

2 Desember 2022
APAKAH MUDAH MELAKUKAN FRANCHISE BISNIS F&B? SIMAK JAWABANNYA
Industri kuliner, atau Food & Beverages (F&B) di Indonesia memang sangat menjanjikan. Setiap kali kita berkunjung ke pusat perbelanjaan atau ruko-ruko, dapat ditemukan berbagai brand F&B bertebaran. Tak jarang pula ditemukan antrian panjang untuk suatu produk yang sedang hits. Tahukah Anda? Indonesia dengan populasi middle classnya memang menjadi pasar yang sangat menguntungkan untuk industri F&B, apalagi promosinya dapat memanfaatkan teknologi, yaitu dengan sosial media.

1 Desember 2022
5 Hal Penting yang Perlu Anda Putuskan Sebelum Memulai Bisnis
Membangun sebuah bisnis tidak bisa asal-asalan, harus ada persiapan matang agar usaha yang dibangun bisa berjalan dengan lancar. Saat ada hambatan pun bisa dilalui dengan baik. Salah satu yang harus disiapkan ketika ingin memulai sebuah bisnis adalah analisa dahulu usaha tersebut. Mulai dari peluang, kelebihan, kekurangan, dan cara mempertahankannya. Dalam waktu bersamaan, menjadi seorang pebisnis adalah hal yang paling mengasyikkan sekaligus menakutkan, memuaskan namun juga membuat frustrasi, menggembirakan tapi menguras energi. Apabila Anda berencana untuk memulai sebuah usaha, terdapat beberapa hal yang perlu diputuskan secara matang sebelum memutuskan menjadi seorang pebisnis.

30 November 2022
Akuntansi Biaya : Pengertian, Tujuan, dan Fungsinya
Akuntansi Biaya berdasarkan pengertian umumnya, biaya dapat diartikan sebagai seluruh pengeluaran perusahaan atau organisasi. Dimana pengeluaran tersebut teralokasikan semata untuk memenuhi tujuan atau target usaha. Sementara menurut makna secara khusus, biaya adalah bagian dari strategi penetapan harga produk yang dikeluarkan untuk mendapatkan pendapatan atau penghasilan. Berdasarkan kedua pengertian biaya di atas, maka akuntansi biaya memiliki pengertian sebagai suatu proses pencatatan keuangan yang terdapat penggolongan dan peringkasan atas suatu biaya produksi, penjualan produk ataupun jasa menggunakan suatu cara tertentu lengkap dengan penjelasannya.

29 November 2022
Cara Menjadi Agen Frozen Food untuk Pemula, Catat!
Siapa yang tidak suka frozen food? Makanan beku yang praktis diolah ini kini menjadi kesukaan sebagian besar orang. Karena tingginya minat masyarakat akan frozen food, semakin banyak agen frozen food bermunculan menawarkan beragam variasi makanan beku untuk memenuhi kulkas. Apakah Anda tertarik menjadi salah satu agen frozen food? Ada baiknya Anda menyimak artikel satu ini karena akan ada informasi mengenai frozen food baik dari kelebihan dan kekurangan dan tentunya 6 cara menjadi agen frozen food agar cuan!

28 November 2022
Peran Utama Akuntansi untuk Perusahaan, Anda Wajib Tahu
Peran akuntansi pada sebuah perusahaan tentu sangat diperlukan karena jika mengingat bahwa semua perusahaan pasti membutuhkan pengolahan data yang akurat serta dapat menunjang bisnisnya. Laporan akuntansi digunakan sebagai sumber informasi utama pengambilan keputusan oleh pihak-pihak yang berkepentingan. Informasi lain pun juga pastinya sangat diperlukan dalam pengambilan suatu keputusan pada perusahaan. Informasi-informasi tersebut akan ditampung menjadi satu, kemudian dianalisis pada akhirnya pun akan digunakan sebagai dasar dalam pengambilan suatu keputusan