Bisnis Properti : Pengertian, Jenis, dan Keuntungannya

26 September 2022

Bisnis Properti : Pengertian, Jenis, dan Keuntungannya - Setiap kali Anda bertanya ke orang-orang soal bisnis apa yang paling menjanjikan, hampir dapat dipastikan jawabannya adalah bisnis properti. Wajar saja karena bisnis properti memang memiliki pasar yang menggiurkan. Hal ini tentu saja tidak lepas dari permintaan yang selalu meningkat tiap tahunnya.

Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa bisnis properti bisa sangat menguntungkan. Tentu saja hal ini tidak lepas dari kebutuhan dasar setiap manusia yaitu sandang, pangan, dan papan. Tidak ada satupun orang di dunia ini yang tidak ingin memiliki tempat tinggal. Tempat mereka berkumpul bersama yang dikasihi, tempat yang bisa melindungi mereka, dan tempat mereka bisa beristirahat setelah menjalani segala kesibukan.

Pengertian Bisnis Properti

Bisnis properti adalah cara mengembangkan aset dengan membeli properti, lalu dijual kembali di kemudian hari. Bisnis ini bisa dilakukan secara perorangan atau dengan mengatasnamakan perusahaan. Usaha properti secara perorangan biasanya berupa jasa atau jual beli dalam skala kecil. Hal ini dikarenakan usaha tersebut membutuhkan modal besar.

Sedangkan perusahaan properti adalah kelompok usaha yang mengucurkan modal besar untuk terjun dalam dunia ini. Di mana biasanya mereka menggeluti lebih dari satu subsector poperti. Mulai dari konsultan, pengadaan lahan, konstruksi dan pembangunan, pengembangan, pemasaran bahkan sampai pemeliharaan properti.

4 Jenis Bisnis Properti

Apabila Anda tertarik dengan usaha satu ini, alangkah baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis bisnis properti agar Anda lebih memahaminya.

Residential Real Estate

Sesuai namanya, residential adalah properti yang terkait dengan hunian tempat tinggal. Cakupan real estate residensial adalah rumah tapak (landed house), apartemen, rumah susun, kondominium, atau perumahan. Konsumen residensial biasanya keluarga atau mereka yang butuh hunian tempat tinggal.

Commercial Real Estate

Sedangkan Commercial Real Estate adalah properti yang ditujukan untuk kepentingan usaha (komersial) atau mencari keuntungan. Misalnya jual beli rumah-toko (ruko), rumah-kantor (rukan), kantor, gedung pertemuan, hingga hotel. Konsumen properti macam ini adalah kalangan pengusaha atau perusahaan, hingga pemerintahan.

Industrial Property

Properti industri adalah properti yang dibangun untuk keperluan industri. Target konsumennya adalah perusahaan atau bisnis berskala besar. Jenis properti ini biasanya berupa laboratorium, gudang, pabrik, atau pengolahan limbah.

Special Purpose Property

Special purpose property adalah jenis properti yang sangat khusus. Karena properti ini dibangun dengan tujuan dan fungsi tertentu. Target konsumennya adalah kalangan bisnis yang hendak mengembangkan kawasan olahraga, kolam renang, rumah sakit, gedung konser, pom bensin, sumur minyak, atau properti khusus lainnya.

Dengan beragam jenis properti di atas, tidak heran usaha tersebut mampu mendatangkan berbagai keuntungan. Bisnis ini pun juga bisa digeluti oleh seluruh kalangan mulai dari yang bermodal kecil sampai besar. Jadi Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan budget yang Anda miliki.

5 Keuntungan Bisnis Properti

Setiap bisnis memang memiliki daya tarik masing-masing. Bisnis properti adalah bisnis dengan peluang dan risiko yang beragam. Namun secara garis besar, usaha ini memiliki beberapa keunggulan.

Properti adalah Kebutuhan Primer Semua Orang

Kita tahu kebutuhan primer manusia hanya tiga : pangan, sandang, dan papan. Papan alias hunian adalah properti. Untuk itu, bisnis jual beli hunian adalah bisnis dengan pasar yang sangat luas.

Memiliki Nilai Jual yang Cenderung Naik

Harga properti yang cenderung selalu naik memang bukan isapan jempol. Secara kasar, manusia berkembang biak dan makin banyak. Sedangkan bumi tidak bertambah luas, bahkan daratan bisa makin berkurang. Alhasil, antara kebutuhan dan suplai cenderung tidak seimbang. Kebutuhan selalu naik, sedangkan suplai properti belum tentu. Hal ini membuat harga properti cenderung selalu naik.

Risiko Kerugian Bisnis Properti yang Rendah

Properti seringkali diklaim sebagai aset dengan kerugian yang minim. Selain harganya cenderung naik, harga properti juga tak volatile seperti instrumen investasi lain seperti saham, komoditas, atau valuta asing.

Bisa Dijadikan Aset

Jika misalnya properti Anda sedang jatuh harganya, Anda tidak perlu panik dan buru-buru menjualnya. Mekanisme harga di pasar akan selalu mencari keseimbangan. Jatuhnya harga akan diikuti dengan permintaan pasar yang besar dan harga akan kembali normal. Sehingga, properti memang cocok dijadikan aset untuk masa depan.

Terlindungi dari Inflasi

Memiliki properti memang butuh biaya perawatan. Namun jika Anda menyimpan aset dalam bentuk uang, aset Anda tergerus inflasi. Uang satu juta rupiah tahun ini, akan semakin kecil nilainya dalam 10 tahun ke depan. Namun properti senilai satu juta rupiah saat ini, akan makin naik harganya dalam 10 tahun nanti.

Bisnis properti adalah investasi yang cukup menjanjikan dewasa ini dengan berbagai keuntungan usaha properti yang tidak boleh Anda lewatkan. Sebagai agen properti, tentu Anda akan memerlukan sistem bisnis yang bisa memudahkan pekerjaan Anda.

Coba gratis IPOS di sini.



Baca juga

2 Desember 2022
APAKAH MUDAH MELAKUKAN FRANCHISE BISNIS F&B? SIMAK JAWABANNYA
Industri kuliner, atau Food & Beverages (F&B) di Indonesia memang sangat menjanjikan. Setiap kali kita berkunjung ke pusat perbelanjaan atau ruko-ruko, dapat ditemukan berbagai brand F&B bertebaran. Tak jarang pula ditemukan antrian panjang untuk suatu produk yang sedang hits. Tahukah Anda? Indonesia dengan populasi middle classnya memang menjadi pasar yang sangat menguntungkan untuk industri F&B, apalagi promosinya dapat memanfaatkan teknologi, yaitu dengan sosial media.

1 Desember 2022
5 Hal Penting yang Perlu Anda Putuskan Sebelum Memulai Bisnis
Membangun sebuah bisnis tidak bisa asal-asalan, harus ada persiapan matang agar usaha yang dibangun bisa berjalan dengan lancar. Saat ada hambatan pun bisa dilalui dengan baik. Salah satu yang harus disiapkan ketika ingin memulai sebuah bisnis adalah analisa dahulu usaha tersebut. Mulai dari peluang, kelebihan, kekurangan, dan cara mempertahankannya. Dalam waktu bersamaan, menjadi seorang pebisnis adalah hal yang paling mengasyikkan sekaligus menakutkan, memuaskan namun juga membuat frustrasi, menggembirakan tapi menguras energi. Apabila Anda berencana untuk memulai sebuah usaha, terdapat beberapa hal yang perlu diputuskan secara matang sebelum memutuskan menjadi seorang pebisnis.

30 November 2022
Akuntansi Biaya : Pengertian, Tujuan, dan Fungsinya
Akuntansi Biaya berdasarkan pengertian umumnya, biaya dapat diartikan sebagai seluruh pengeluaran perusahaan atau organisasi. Dimana pengeluaran tersebut teralokasikan semata untuk memenuhi tujuan atau target usaha. Sementara menurut makna secara khusus, biaya adalah bagian dari strategi penetapan harga produk yang dikeluarkan untuk mendapatkan pendapatan atau penghasilan. Berdasarkan kedua pengertian biaya di atas, maka akuntansi biaya memiliki pengertian sebagai suatu proses pencatatan keuangan yang terdapat penggolongan dan peringkasan atas suatu biaya produksi, penjualan produk ataupun jasa menggunakan suatu cara tertentu lengkap dengan penjelasannya.

29 November 2022
Cara Menjadi Agen Frozen Food untuk Pemula, Catat!
Siapa yang tidak suka frozen food? Makanan beku yang praktis diolah ini kini menjadi kesukaan sebagian besar orang. Karena tingginya minat masyarakat akan frozen food, semakin banyak agen frozen food bermunculan menawarkan beragam variasi makanan beku untuk memenuhi kulkas. Apakah Anda tertarik menjadi salah satu agen frozen food? Ada baiknya Anda menyimak artikel satu ini karena akan ada informasi mengenai frozen food baik dari kelebihan dan kekurangan dan tentunya 6 cara menjadi agen frozen food agar cuan!

28 November 2022
Peran Utama Akuntansi untuk Perusahaan, Anda Wajib Tahu
Peran akuntansi pada sebuah perusahaan tentu sangat diperlukan karena jika mengingat bahwa semua perusahaan pasti membutuhkan pengolahan data yang akurat serta dapat menunjang bisnisnya. Laporan akuntansi digunakan sebagai sumber informasi utama pengambilan keputusan oleh pihak-pihak yang berkepentingan. Informasi lain pun juga pastinya sangat diperlukan dalam pengambilan suatu keputusan pada perusahaan. Informasi-informasi tersebut akan ditampung menjadi satu, kemudian dianalisis pada akhirnya pun akan digunakan sebagai dasar dalam pengambilan suatu keputusan